Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab Setara Dengan Ibadah 900 Tahun

Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab
Keutamaan dan Pahala Puasa Rajab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Puasa sunnah ini dilaksanakan pada hari-hari atau bulan-bulan tertentu, dimana Rasulullah SAW senantiasa menjalankannya semasa hidup dahulu.

Mengutip buku Fakta Ilmiah Amal Sunnah Rekomendasi Nabi oleh Haviva A., berikut beberapa manfaat dari puasa sunnah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat berpuasa, terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan seseorang dari berbagai virus.

Jika berpuasa dianggap melemahkan atau membuat tubuh lemas, kebenarannya adalah sebaliknya, yaitu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

2. Menyehatkan ginjal

Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring zat berbahaya yang dikonsumsi seseorang. Sementara, puasa yang dilakukan bisa membuat ginjal semakin sehat.

Fungsi ginjal akan maksimal manakala kekuatan osmosis urine mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air, dan hal ini bisa terjadi saat kita sedang berpuasa.

3. Sebagai proses detoksifikasi

Di dalam tubuh manusia terdapat racun-racun berbahaya yang harus diwaspadai. Toksin atau racun tentunya harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Sebab, apabila jumlahnya berlebih, ia akan menumpuk dan menyebabkan keracunan dalam darah (toksemia).

Jangan menganggap toksemia sebagai hal sepele. Sebab, ia berkaitan dengan hampir semua penyakit degeneratif. Puasa merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah ini.

4. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat lain dari puasa adalah meningkatkan neurotropic yang diturunkan dari otak, yang turut serta membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Adapun jumlah hormon kortisol yang mengalami penurunan pada saat berpuasa yang notabene dihasilkan oleh kelenjar adrenal juga dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stresnya.

Demikian keutamaan puasa Rajab, pahala dan juga manfaatnya bagi kesehatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *