10 Manfaat Beras Merah Bagi Tubuh, Membantu Mencegah Kanker

Manfaat Beras Merah Bagi Tubuh
Manfaat Beras Merah Bagi Tubuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idBeras merah merupakan makanan yang sudah populer di kalangan pelaku diet. Beras merah dianggap lebih bergizi dan lebih sehat daripada Beras putih.

Beras merah adalah biji-bijian utuh yang baru saja melewati proses pengupasan. Dengan metode pengolahan ini, banyak nutrisi yang dipertahankan. Ini membuat beras merah lebih bergizi daripada beras putih.

Selain baik untuk diet sehat, beras merah juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh. Di bawah ini kami akan membagikan beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kandungan Beras Merah

Beras merah sudah lama dikenal sebagai varietas beras yang sehat. Manfaatnya terhadap tubuh ini didukung oleh berbagai macam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Beberapa kandungan nutrisi pada beras merah di antaranya:

  • Karbohidrat: Beras merah mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama.
  • Serat: Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membantu menjaga kenyang dan memperlancar sistem pencernaan.
  • Protein: Beras merah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan beras putih, yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Vitamin B: Beras merah mengandung vitamin B1, B2, dan B3, yang membantu memperbaiki dan memelihara sistem saraf, membantu memperkuat memori, dan membantu mencegah penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.
  • Mineral: Beras merah memiliki kandungan mineral seperti magnesium, zat besi, dan potassium, yang membantu memperkuat sistem imun dan membantu mencegah infeksi dan penyakit.
  • Antioksidan: Beras merah mengandung antioksidan seperti anthocyanin, yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan membantu mencegah kanker.
  • Niacin: Beras merah memiliki kandungan niacin yang baik bagi fungsi otak, membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, membantu memperkuat kapasitas kognitif, dan membantu mencegah depresi.

Ini hanya beberapa kandungan nutrisi dari beras merah. Perlu diingat bahwa jumlah dan tingkat kandungan nutrisi dalam beras merah dapat bervariasi tergantung pada jenis dan sumbernya.

Khasiat Beras Merah

Kandungan nutrisi yang lebih tinggi

Khasiat beras merah yang pertama, yaitu baik untuk memenuhi asupan nutrisi. Beras merah mengandung lebih banyak vitamin B, seperti thiamin (B1), niacin (B3), dan mineral seperti magnesium dan zat besi dibandingkan beras putih. Vitamin B memainkan peran penting dalam memelihara sistem saraf dan membantu memproduksi energi.

Sementara itu, magnesium dan zat besi membantu memperkuat sistem kekebalan dan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Beras merah juga memiliki lebih banyak serat, yang membantu menjaga kesehatan usus dan membantu kontrol kadar gula darah. Serat juga membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga membantu menjaga tingkat energi stabil.

Anti-inflamasi

Khasiat beras merah yang kedua sebagai agen anti-inflamasi. Beras merah memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu mengurangi peradangan dan mengatasi masalah kesehatan seperti arthritis dan asma. Khasiat ini ada karena beras merah mengandung anthocyanin, yaitu antioksidan yang membantu memerangi peradangan dalam tubuh.

Kontrol gula darah

Khasiat beras merah yang ketiga yakni untuk mengontrol gula darah. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih, sehingga membantu mengatur kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes. Khasiat ini dikarenakan karbohidrat kompleks dalam beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan diserap dalam tubuh, sehingga membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *