Khutbah Jumat: Catatan Dosa Tidak Terhapus Walaupun Sudah Bertaubat

Dosa Tidak Terhapus Walaupun Sudah Bertaubat
Masjid yemen
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Khutbah Pertama:

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.

Kaum muslimin,

Khotib mewasiatkan kepada diri khotib pribadi dan jamaah sekalian agar bertakwa kepada Allah. Karena hanya orang-orang bertakwa sajalah yang beruntung. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa dijanjikan surga dan kemenangan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan.” [Quran An-Naba: 31].

فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ

“Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung.” [Quran Ali Imran: 185].

Apa yang dimaksud dengan kemenangan dan keberuntungan dalam ayat ini? Yaitu meraih surga.

Di dalam Alquran, Allah Ta’ala banyak menyebutkan sifat-sifat orang yang bertakwa. Di antaranya empat sifat yang Allah sebutkan dalam surat Qaf.

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيدٍ (31) هَٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍ (32) مَّنْ خَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُّنِيبٍ (33)

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka). Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat.” [Quran Qaf: 31-33].

Ada empat sifat: (1) Awwab. Yaitu hamba yang selalu kembali kepada Allah. (2) Hafizh. Yaitu memelihara semua peraturan-peraturan-Nya. (3) Takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan. (4) Datang dengan hati yang bertaubat. Mereka inilah yang akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan di hari yang kekal abadi.

Ma’syiral muslimin,

Allah Ta’ala buka ayat ini dengan firman-Nya,

وَأُزْلِفَتِ الْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيد

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa.”

Hajinews.id – Orang-orang yang bertakwa pada hari kiamat kelak akan dimuliakan. Surga didekatkan kepada mereka. Sehingga mereka melihat tempat yang sangat indah itu dengan dekat. Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada mereka. Berbeda dengan orang-orang kafir. Mereka dilemparkan ke dalam Jahannam. Mereka diseret dengan wajah mereka. Mereka tersungkur di neraka Jahannam.

Orang-orang beriman surga didekatkan kepada mereka. Kemudian kata Allah,

هَٰذَا مَا تُوعَدُونَ لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍ

“Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya).”

Para ulama menjelaskan, Allah menggunakan hadza (هَٰذَا) yang merupakan kata tunjuk dekat. Sehingga orang-orang bertakwa bisa melihat surga dengan kenikmatan-kenikmatannya. Sebagian ahli tafsir mengatakan, surga didekatkan pada mereka saat mereka di dunia sebelum di akhirat. Yaitu hati mereka selalu rindu dengan surga. Surga dekat dengan hati mereka. Mereka selalu ingin masuk ke dalam surga. Tatkala di akhirat kelak di depan mata mereka surga didekatkan. Ini, artinya dekat sekali.

Surga itu dijanjikan untuk orang-orang yang bertakwa. Siapa orang yang bertakwa itu?

لِكُلِّ أَوَّابٍ حَفِيظٍ

“setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya).”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *