Kisah Rasulullah SAW yang Diperlihatkan Neraka Ketika Isra Mi’raj

Rasulullah SAW melihat Neraka
Rasulullah SAW melihat Neraka
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Peristiwa perjalanan malam Rasulullah SAW atau Isra Mi’raj tidak hanya berujung pada perintah salat lima waktu. Ditemani malaikat Jibril, Rasulullah SAW diberi kesempatan untuk melihat keadaan Neraka.

Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq yang mendengarnya dari salah satu orang yang paling terpercaya yaitu Abu Sa’id al Khudri. Abu Sa’id sendiri mengatakan bahwa ia mendengar kisah perjalanan Nabi ke Neraka darinya di tengah perjalanan Mi’raj atau dalam perjalanan dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha untuk menemui Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Kemudian aku melihat neraka, dan aku sama sekali tidak pernah melihat pemandangan yang lebih buruk daripada hari itu. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita.”

Berdasarkan cerita Rasulullah SAW, Malaikat Jibril kemudian membawa Rasulullah SAW naik ke langit hingga tiba di depan pintu neraka yang dijaga oleh malaikat penjaga neraka atau Malaikat Malik. Menurut sabda Rasulullah SAW, Malaikat Malik merupakan satu-satunya malaikat yang tidak menyambutnya dengan senyuman.

“Hanya saja malaikat ini tidak tertawa, dan aku (Rasulullah SAW) tidak menerima kabar gembira darinya seperti yang kulihat pada malaikat lainnya. Aku berkata kepada Malaikat Jibril, ‘Wahai Jibril, siapakah malaikat yang berkata-kata kepadaku seperti malaikat yang lain, tetapi tidak tertawa kepadaku, dan aku tidak menerima kabar gembira darinya seperti yang kuterima dari yang lain?”

Malaikat Jibril menjawab, ‘Seandainya ia pernah tertawa kepada orang sebelum atau sesudahmu, niscaya ia akan tertawa kepadamu. Namun ia tidak tertawa. Ini adalah malaikat penjaga neraka.’” demikian penjelasan Malaikat Jibril yang dinukil dari Sirah Nabawiyah oleh Ibnu Hisyam.

Rasulullah SAW pun meminta Malaikat Jibril untuk memperlihatkan neraka kepadanya di tengah sela-sela Isra Mi’raj. Lalu, dibukakanlah pintu neraka oleh malaikat untuk dipertunjukkan kepada Rasulullah SAW.

Saat pintu neraka dibuka, Rasulullah SAW melanjutkan cerita, terlihat api neraka menyala-nyala seakan bisa membakar apapun yang terlihat. Setelahnya, Rasulullah SAW melihat manusia yang memiliki bibir seperti bibir unta.

Tangan mereka menggenggam sebongkah api neraka seperti bongkahan batu. Mereka memasukkan batu api itu ke dalam mulut kemudian keluar melalui dubur.

Beliau pun bertanya pada Malaikat Jibril, “Siapakah mereka itu, Jibril?”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *