Hikmah Malam: 3 Golongan Orang yang Istigfarnya Ditolak Allah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Memohon ampun dengan membaca kalimat istigfar merupakan hal yang dilakukan oleh umat muslim yang ingin memohon ampun kepada Allah SWT.

Sebagaimana kita mengetahui Allah Maha Pemaaf, manusia sebagai hamba pasti berharap untuk mendapatkan ampunan dan maaf dari Allah SWT atas maksiat dan dosa yang telah dilakukan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tetapi, ada golongan orang yang istigfarnya ditolak Allah SWT. Hal ini dipastikan permohonan ampun atau istighfarnya ditolak oleh Yang Maha Pemberi Ampunan. Seperti apakah golongan orang yang ditolak ampunannya?

Dilansir dari laman Ayojakarta.com, diketahui berikut golongan orang yang istighfarnya ditolak oleh Allah SWT!

Beberapa golongan orang disebutkan oleh ulama tidak akan diterima istigfarnya oleh Allah SWT. Tentu saja ini mengejutkan karena istigfar adalah kalimat ketika kita memohon ampun kepada Allah atas dosa dan maksiat kita.

1. Laki-Laki yang Berselingkuh dan Berzina

Laki-laki yang sudah mempunyai istri dan masih memiliki perempuan lain, atau berselingkuh merupakan hal diluar moral dan merupakan perbuatan tercela.

Hal ini bisa menjadi lebih parah ketika laki-laki tersebut memutuskan untuk berbuat zina. Selesai berbuat zina sang laki-laki mengucapkan istighfar.

“Astaghfirullahaladzim, aku memohon ampun,” ucap sang laki-laki.

Maka Allah mengatakan, “Berpalinglah engkau dari perempuan itu, jangan pelihara lagi maka akan Ku ampuni dosamu, namun selama engkau masih dengan perempuan itu, Aku tidak mengampuni bagi engkau.”

Jadi, selama sang laki-laki tidak meninggalkan perempuan selingkuhannya, dan tetap berzina, meskipun ia menyebut istighfar 1000 kali maka akan Ditolak Allah SWT, hingga ia meninggalkan perempuan lain tersebut.

2. Pemakan Harta Haram

Memakan harta haram merupakan salah satu sifat tercela lain yang merupakan persamaan lain dari kata tamak atau rakus.

Mengapa istighfar pemakan harta haram ditolak Allah SWT? Hal ini karena dalam setiap harta haram yang dimakan bisa saja telah menjadi makanan, rumah, yang mana harta haram tersebut pastinya didapat dengan cara yang tidak halal dan menyengsarakan banyak orang.

“Kembalikan harta haram itu, dan jauhilah harta haram itu, maka Ku ampuni dosamu. Dan bilamana kamu tidak mengembalikan maka tidak Ku ampuni dosamu,” Allah berkata.

Maka, selama harta haram masih kita makan, kita termasuk golongan yang istighfar memohon ampunannya ditolak Allah SWT.

3. Berpakaian Tidak Sesuai Ketetapan Allah

Allah sudah menetapkan ketetapan berpakaian untuk umat Islam dengan menutup aurat, yang diperkuat melalui hadits-hadits buatan Rasulullah SAW.

Selama seseorang masih berpakaian tidak sesuai ketetapan Allah, maka istighfarnya tidak akan diterima karena ditubuhnya banyak melanggar hukum Allah.

Misal, laki-laki yang menggunakan perhiasan emas, maka setiap istighfar selama masih memakai tidak akan diterima Allah SWT.

Semoga, setiap umat muslim diterima semua istighfarnya dan dijauhkan dari perbuatan yang membuat istighfar ditolak. Tetap bertaubat, karena sesungguhnya Allah Maha Pemaaf dan Pemberi Ampunan.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *