Penderita Asam Urat Makan Sayuran, Boleh atau Tidak?

Penderita Asam Urat Makan Sayuran
Penderita Asam Urat Makan Sayuran, Foto: sayur bayam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idSayuran dikenal sebagai makanan yang baik agar tubuh selalu sehat. Namun, menurut pakar kesehatan, beberapa orang dengan kondisi kesehatan seperti asam urat sering kali bingung saat hendak mengonsumsi sayuran tertentu.

Karena banyak jenis sayuran yang katanya memiliki kandungan purin tinggi yang merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Sebelum penderita asam urat cepat berhenti makan sayur karena takut kambuh lagi, simak dulu penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Purin dan asam urat

Dilansir dari Live Strong, purin sebenarnya bukan momok bagi kesehatan. Dalam kondisi normal, asam urat bisa larut dalam darah lalu mengalir ke ginjal dan keluar dari tubuh lewat urine. Tapi, kadar purin yang berlebihan dapat meningkatkan asam urat dalam darah.

Saat asam urat tinggi, ginjal kesulitan mengeluarkan zat ini dari dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu pembentukan kristal asam urat. Kristal ini mirip seperti jarum yang bisa menumpuk di sendi atau jaringan tubuh. Kristal asam urat yang menumpuk di sendi dapat menyebabkan gout.

Sedangkan, kristal asam urat yang menumpuk di ginjal memicu batu ginjal. Penumpukan kristal asam urat di sendi atau gout menyebabkan sendi meradang dan terasa sakit. Untuk mencegah serangan asam urat kambuh, penderita perlu menjalankan diet rendah purin atau menghindari makanan pantangan asam urat yang tinggi purin.

Sayuran pantangan asam urat

Saat mengikuti diet rendah purin, ada baiknya penderita menghindari makanan pantangan asam urat. Antara lain daging sapi, kambing, babi, jeroan, kuah kaldu, sarden, teri, ikan haring, ikan kembung, kerang, tuna, sampai makanan manis.

Beberapa sayur seperti jamur, kacang hijau, bayam, asparagus, brokoli, dan kembang kol juga memiliki kandungan purin cukup tinggi. Namun, sejumlah ahli menyebut purin dalam sayur tidak terlalu berbahaya bagi penderita asam urat jika dibandingkan purin dari daging merah atau makanan olahan.

Bahkan, laporan yang diterbitkan di Biological and Pharmaceutical Bulletin pada 2014 menyebutkan, sayur dengan kadar purin tinggi belum terbukti meningkatkan risiko serangan asam urat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *