12 Salat Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Apa Saja?

Salat Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah SAW
Salat Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah SAW
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Salat Tahiyyatul Masjid

Setiap umat Islam yang memasuki masjid dan belum sempat duduk di dalamnya, maka disunnahkan untuk menunaikan Salat dua rakaat.

  1. Salat Istikharah

Kaum muslim yang hatinya sedang bimbang dan bingung akan beberapa pilihan, hendaknya mendirikan Salat istikharah dengan dua rakaat. Di mana dimaksud agar Allah SWT yang menentukan pilihan terbaik bagi hamba-Nya. Dianjurkan untuk dilaksanakan pada akhir waktu malam, dan sepatutnya untuk memperbanyak doa serta pujian bagi-Nya setelah Salat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Salat Hajat

Bagi mereka yang memiliki permintaan, bisa menunaikan Salat sunnah dua rakaat atau yang dikenal dengan Salat hajat agar keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Dapat dilaksanakan kapan saja, asalkan pada waktu yang tidak diharamkan untuk Salat.

  1. Salat Tobat

Setiap manusia yang berbuat dosa dianjurkan untuk langsung melaksanakan Salat tobat. Melalui Salat ini, para hamba memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosanya yang telah dilakukan. Didirikan dengan dua rakaat, dan setelahnya disunnahkan tetap memperbanyak istighfar.

  1. Salat Dua Gerhana

Yakni dilakukan bila terjadi gerhana matahari dan atau gerhana bulan, maka dianjurkan mengerjakan Salat sunnah dua rakaat, dengan empat kali berdiri dan empat kali rukuk. Setelah sholah disunnahkan untuk memperbanyak doa, dzikir, istighfar, serta amal kebajikan lainnya.

  1. Salat Istisqa

Salat yang dikerjakan untuk memohon diturunkan hujan kepada Allah SWT, ketika datang musim kemarau dan tidak terdapatnya air yang cukup di suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Jumlah rakaatnya yakni dua. Pengerjaannya sama dengan Salat id, dengan tujuh kali takbir pada rakaat pertama, dan lima kali takbir pada rakaat keduanya. Dianjurkan dilaksanakan di tanah lapang, serta disunnahkan untuk memperbanyak doa dan istighfar.

  1. Salat Dua Hari Raya

Salat yang ditunaikan hanya di dua waktu tiap tahun Hijriahnya, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Waktu afdalnya dimulai pada saat matahari naik setinggi tombak, sekitar pukul 07.00 pagi. Dianjurkan untuk dilaksanakan di lapangan terbuka, agar dapat dihadiri banyak kaum muslim.

Jumlah rakaatnya dua rakaat. Pada rakaat pertama terdapat tujuh kali takbir, dan rakaat kedua sebanyak lima kali takbir. Tidak didahului oleh azan atau iqamah sebelum Salatnya, Dan setelah Salat disunnahkan menyampaikan khutbah oleh imam.

Demikian 12 macam Salat sunnah yang disyariatkan dalam Islam serta dianjurkan untuk dilaksanakan. Semoga kita bisa mulai mengamalkannya ya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *