Hikmah Siang: Beramal Sebelum Datangnya Fitnah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



💠 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bersegeralah beramal sebelum datangnya fitnah-fitnah seperti potongan malam yang gelap gulita. Pada pagi hari seorang masih beriman tetapi di sore harinya menjadi kafir. Atau pada sore hari beriman tetapi keesokan harinya menjadi kafir. Dia menjual agamanya demi mencari perhiasan/kesenangan dunia.”
(HR. Muslim, Tirmidzi dan Ahmad)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

🎙️ Hasan al-Bashri rahimahullah menjelaskan salah satu maksud hadits ini.

Beliau berkata, “Pada pagi hari seorang muslim masih menetapkan terjaganya kesucian darah, kehormatan dan harta saudaranya tetapi pada sore hari dia berubah menjadi menghalalkannya. Dan pada sore hari dia masih menjaga kesucian darah, kehormatan dan harta saudaranya lalu keesokan harinya dia berubah menjadi menghalalkannya.”

Demikian sebagaimana dinukil oleh Imam Tirmidzi (Basha’ir fil Fitan hal. 117)

Dari hadits dan atsar di atas banyak hal yang bisa kita ambil pelajaran. Diantaranya adalah bahwa fitnah atau kerusakan yang menerpa seorang muslim akan menyebabkan rusaknya agama.

Oleh sebab itu kita diperintahkan untuk berlindung dari fitnah-fitnah yang menyesatkan. Sebagaimana yang diucapkan oleh para sahabat “na’udzu billaahi minal fitan”; maa zhahara minhaa wa maa bathan yang artinya, “Kami berlindung kepada Allah dari fitnah-fitnah; yang tampak dan yang tersembunyi.”
(HR. Muslim).

♻️ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat.​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *