Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Limbah Cair Tahu Jadi Olahan Pangan

Mahasiswa KKN Undip Manfaatkan Limbah Cair Tahu
PEMBUATAN NATA DE SOYA: Demonstrasi Pembuatan Nata de Soya kepada Kader Desa Adiwerna oleh Mahasiswa KKN Undip Tim I di Balai Desa Adiwerna, Tegal.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



TEGAL, Hajinews.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Tim I Tahun 2022/2023 mengadakan pelatihan sekaligus demonstrasi kepada kader Desa Adiwerna mengenai cara pembuatan produk-produk dari olahan limbah, antara lain nata de soya dari limbah cair tahu dan pupuk organik cair dari sampah dapur organik.

Kegiatan pelatihan ini diadakan di Balai Desa pukul 14.00 – 16.00 WIB dan dihadiri perwakilan kader yang berasal dari sebelas pos pelayanan di Desa Adiwerna.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ning Kamari, selaku Ketua Kader Desa Adiwerna, mengatakan kader merasa senang dan terinspirasi atas pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan limbah yang diadakan Tim KKN Undip.

Antusiasme dari kader pun tergambarkan dari kesungguhan peserta memperhatikan demonstrasi dan keaktifan kader dalam sesi tanya jawab.

“Semoga para ibu kader di Desa Adiwerna semakin terampil dalam mengelola dan memanfaatkan limbah cair tahu maupun limbah rumah tangga yang ada di kehidupan sehari-hari,” kata Ning Kamari.

Adapun kegiatan itu diadakan sebagai salah satu upaya mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Desa Adiwerna, khususnya pengelolaan limbah yang belum optimal.

“Salah satu permasalahan utama di desa, yaitu UMKM masih banyak yang belum bisa mengelola limbah dengan baik, biasanya limbah bekas produksi langsung dibuang melalui drainase dan kalau hujan, air limbah bisa menggenangi permukaan tanah,” jelas Saeful Anwar, SPi Kepala Desa Adiwerna.

Limbah umumnya akan langsung dibuang oleh masyarakat secara sembarangan sehingga berpotensi mencemari lingkungan sekitar dan menimbulkan penyakit menular.

Melalui kegiatan ini, diharapkan kader dapat membantu meminimalisasi pembuangan limbah secara sembarangan, mengoptimalkan pemanfaatan limbah menjadi barang yang bernilai, serta dapat memberikan transfer ilmu kepada masyarakat terkait pengelolaan limbah.

Selama KKN di Desa Adiwerna mereka didampingi pembimbing lapangan Dr Ir Wiludjeng Roessali MSi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *