Humor Gus Dur: Ketika Kiai Sunat Motor Pendeta

Ketika Kiai Sunat Motor Pendeta
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden keempat Republik Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur dikenal sering melontarkan lelucon. Humor ini bisa membuat orang tertawa dan meredakan ketegangan politik saat itu.

Salah satunya adalah kisah yang diambil dari buku kumpulan humor Gus dur berbahasa Jerman berjudul ‘Lachen mit Gus Dur: Islamischer Humor aus Indonesien’ dengan penerbit Abera Verlag yang dirilis pada Juni 2005.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip NU Online, alkisah, ada seorang kiai yang bertetangga dengan pendeta. Kiai itu diketahui memiliki mobil, sedangkan pendeta memiliki sepeda motor. Suatu hari, ketika hujan, pendeta meminjam mobil kiai. Sebelum dikembalikan, pendeta menyuci mobil itu karena penuh dengan kotoran akibat hujan.

Beberapa hari kemudian, kiai mendapatkan undangan ceramah ke satu rumah penduduk di gang sempit dan tidak dapat diakses dengan mobil. Kiai pun memutuskan meminjam motor pendeta. Setelah pulang, sebelum mengembalikan motor, kiai mengambil gergaji besi dan menggergaji knalpot motor.

Pendeta pun heran dan bertanya.

“Diapakan motor saya?,” tanya pendeta itu.

Dengan enteng kiai itu pun menjawab.

“Anda telah membaptis mobil saya sebelum Anda mengembalikannya. Jadi sekarang saya menyunat motor Anda,” jawabnya.

Menurut penyunting buku itu, Arndt Graf dan Johanna Pangestian-Harahap, cerita di atas itu sangat lucu sekali. Pada 2010, buku itu baru diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berjudul ‘Tertawa Bersama Gus Dur: Humornya Kiai Indonesia’.

Graf diketahui sangat bersemangat saat menerbitkan kumpulan humor Gus Dur. Dia adalah seorang profesor di Asia-Afrika Institute dari University of Hamburg. Ia menerbitkan buku kumpulan humor Gus Dur itu untuk orang Jerman.

“Buku ini dijual tidak hanya di Jerman, tetapi terutama di Indonesia untuk wisatawan Jerman,” terangnya.

Profesor Graf berharap cerita-cerita lucu Gus Dur itu bisa membuat tertawa orang Jerman.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *