Kultum 19: Beda Alam Kubur Orang Mu’min dan Orang Kafir

Beda Alam Kubur Orang Mu’min dan Orang Kafir
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Maka Rasulullah pun minta ditunjukkan kuburan wanita ini. Dalam hadits diriwayatkan, “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu bahwa seorang wanita hitam, atau seorang pemuda,  biasa menyapu masjid (Nabawi pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam). Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam tidak mendapatinya sehingga beliau menanyakannya. Para sahabat menjawab, “Dia telah meninggal dunia”. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku?” Abu Hurairah berkata, “Seolah-olah mereka meremehkan urusannya”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tunjukkan kuburnya kepadaku”. Lalu mereka menunjukkannya, beliau pun kemudian mensholati wanita itu, lalu bersabda, “Sesungguhnya kuburan-kuburan ini dipenuhi kegelapan bagi para penghuninya, dan sesungguhnya Allah Azza Wajalla menyinarinya bagi mereka dengan shalatku terhadap mereka” (HR. Al-Bukhari & Muslim).

Sementara itu, kita semua sudah maklum bahwa di samping gelap, di alam kubur itu juga ada bermacam-macam siksa bagi orang yang penuh dosa. Salah satu bentuk siksa kubur  adalah diperlihatkan neraka (sebagai calon tempat akhirnya) setiap pagi dan petang kepada para calon penghuni neraka saat masih di alam kubur (barzakh).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Walaupun bentuk siksa sebagaimana firman Allah dalam al-Qur’an seperti ini ditujukan untuk Fir’aun, hal ini bukan berarti selain Fir’aun akan selamat dari bentuk siksa seperti ini. Sebaliknya, kita harus berpikir bahwa Fir’aun adalah contoh sosok yang berdosa. Jadi setiap yang berdosa yang dosanya serupa dengan dosa yang dilakukan oleh Fir’aun, maka juga akan mengalami siksa yang serupa.

Hal ini telah jelas sebagaimana Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا

Artinya:

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang (QS. Al-Mukmin, ayat 46).

Sementara itu, neraka Jahanam adalah neraka tempat penyiksaan yang memiliki tujuh tingkat yang mana pada setiap tingkat dijaga oleh malaikat Zabaniyah, sedangkan gerbang jahannam dipimpin oleh malaikat Malik. Semoga Allah menganugerahi kekuatan bagi kita kita untuk tetap beriman dan beramal sholih, serta merahmati dan melindungi kita semua dari siksa kubur dan siksa neraka, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh                             

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *