17 Keutamaan Menikahi Janda Dalam Islam Dapat Memperoleh Pahala Berlipat

Keutamaan Menikahi Janda
Keutamaan Menikahi Janda
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Islam memiliki setidaknya 17 keutamaan menikah dengan seorang janda. Dalam Islam, seorang janda harus disantuni dengan pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan. Hal ini tentu berlaku bagi para janda yang kurang mampu secara finansial.

Mencintai seorang janda tidak selalu berarti menikahinya. Namun meski ingin menikah dengan janda, berikut 17 keutamaan menikah dengan janda dalam Islam seperti dihimpun, diantaranya

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Meneladani Rasulullah

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam merupakan teladan bagi seluruh umat Islam di penjuru dunia. Salah satu hal yang bisa diteladani dari Rasulullah adalah tindakannya dalam menikahi janda dengan tujuan untuk memuliakannya.

Tindakan ini bisa dicontoh apabila dinilai akan menghadirkan manfaat dan tujuan yang baik. Mengingat, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak pernah membeda-bedakan manusia dari status sosialnya.

2. Janda dengan anak yatim

Seorang janda yang ditinggal meninggal oleh suaminya dan memiliki seorang anak tentu harus ditolong. Terlebih lagi jika janda tersebut berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Dengan menikahi janda tersebut maka seorang pria bisa menggantikan kedudukan mendiang suami, menjadi kepala keluarga, dan memberikan nafkah bagi anak-anak yatim tersebut.

Hal ini rupanya tertuang dalam hadits Sahl Ibnu Sa’ad yang berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang berbunyi:

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya. (HR Bukhari nomor 5304)

3. Mendapatkan pahala

Jika menikahi janda dengan niat akan membantu, melindungi, dan menafkahinya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata maka Allah Ta’ala akan menggantikannya dengan pahala yang berlipat.

4. Anugerah

Berkaitan dengan poin sebelumnya, menikahi janda karena Allah Subhanahu wa Ta’ala semata maka akan menjadi anugerah dalam kehidupan. Pasalnya, berkah dan pahala akan sellau mengalir.

“Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan sholat di malam hari.” (HR Bukhari nomor 5353 dan Muslim: 2982)

5. Lebih berpengalaman

Status janda tentu didapatkan seorang wanita karena sebelumnya pernah menikah. Oleh karena itulah, mereka dianggap lebih berpengalaman dalam banyak hal, mulai dari cara mengurus anak, mengurus pekerjaan rumah, dan menyenangkan hati suami.

6. Akan menambah semangat

Tidak ada seorang wanita pun yang ingin menjadi janda. Namun jika takdir menyatakan demikian, tentu tak ada yang bisa menghindar. Jika seorang janda diberi kesempatan menikah lagi, tentu ia akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari baru dengan suaminya.

7. Lebih dewasa

Wanita dengan status janda biasanya memiliki sifat yang lebih dewasa. Sehingga, mereka akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata.

8. Demi kebaikan bersama

Dalam hadits riwayat Imam Muslim nomor 715 terdapat sebuah kisah mengenai seorang pria yang bertemu dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *