Ini Bacaan Doa Nabi Adam Kala Meminta Ampunan pada Allah SWT

Bacaan Doa Nabi Adam
Bacaan Doa Nabi Adam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Setelah Adam dan Hawa memakan buah khuldi, terbukalah aurat mereka berdua. Adam dan Hawa kemudian berdoa meminta ampunan kepada Allah SWT sebagaimana disebutkan dalam surat Al-A’raf ayat 23:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Al-A’râf 23)

Doa ini memiliki kedudukan yang istimewa. Sebab, untuk pertama kalinya manusia (Adam AS dan Hawa) memohon ampunan kepada Allah. Doa tersebut dengan baik untuk diamalkan usai sholat fardhu atau pada waktu-waktu lainnya.

Hikmah dari doa penyesalan yang dipanjatkan oleh Nabi Adam AS memiliki sebuah pengajaran yang tersirat. Sejak pertama manusia diciptakan memang sudah memiliki karakter suka berbuat salah dan pelupa. Oleh sebab itu, berhati-hati lah dalam segala tindakan agar terhindar dari kesalahan dan penyesalan pada kemudian hari. Apabila terlanjur berbuat salah, sikap terbaik yang dilakukan segera lah untuk bertobat dan memohon maaf yang sebagaimana dilakukan oleh Nabi Adam AS dan Hawa.

Hal tersebut menjadi sebuah keharusan bagi anak cucu Adam. Apabila ia tersesat dari jalan Allah, Allah pasti akan mengampuni dosa mereka yang bertobat meski sebesar apapun dosanya.

banner 800x800