Kisah Gus Dur Ditawari Umur Panjang Tapi Menolak

Gus Dur Ditawari Umur Panjang
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id– Sungguh tak ada habisnya perbincangan tentang sosok KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur dengan segala Karomahnya. Bahkan, ulama besar ini dikenal memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Salah satu cerita yang membuat takjub adalah soal kematiannya. Diceritakan oleh KH Abdul Moqsith Ghazali (2018), dilansir dari NU Online, Gus Dur saat masih hidup pernah ditawari umur panjang hingga 90 tahun oleh malaikat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, sosok yang akrab dengan mendiang Gus Dur ini menyampaikan bahwa, Gus Dur menolak tawaran malaikat tersebut. Gus Dur merasa tak membutuhkan usai yang panjang di dunia. Waliyullah ini hanya ingin hidup hingga usia 69 tahun. Dan, tepat di usia itu ia wafat.

“Buat apa sih umur panjang-panjang, yang sedang sajalah 69 tahun. Akhirnya benar Gus Dur wafat pada usia tersebut,” ungkap Kiai Moqsith saat mengisi forum ilmiah tentang moderasi Islam di Bogor, Jawa Barat.

Kisah Gus Dur tersebut muncul ketika Kiai Moqsith juga menjelaskan riwayat salah seorang sahabat Nabi Muhammad, Sa’ad bin Abi Waqash.

Saat itu sahabat Sa’ad didatangi malaikat pada umur 42 tahun dan ingin mencabut nyawanya. Seketika sahabat Sa’ad protes kepada malaikat, karena anak-anaknya yang masih kecil.

Akhirnya, sahabat Sa’ad berdoa meminta kepada Allah dan diberikan umur panjang. Dikabulkan oleh Allah, 84 tahun baru meninggal.

Adapun, Gus Dur meninggal setelah beberapa hari dirawat di Rumah Sakit Cipto Manungkusumo (RSCM) Jakarta. Baik dalam kondisi dirawat dan setelah kepergiannya, orang-orang tidak pernah berhenti mengunjungi Gus Dur di makamnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *