Kultum 21: Apakah Hari Kiamat Itu?

Apakah Hari Kiamat Itu?
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Akibat goncangan bumi yang hebat itu, wanita yang menyususi lupa anak yang disusui, wanita yang hamil akan keguguran, dan semua seperti orang yang sedang mabuk. Yang lebih lebih ngeri lagi adalah gunung-gunung akan beterbangan. Di surat Al-Muzzammil ayat 14 Allah Subhananhu wata’ala berfirman,

يَوْمَ تَرْجُفُ الْأَرْضُ وَالْجِبَالُ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَكَانَتِ الْجِبَالُ كَثِيبًا مَهِيلً

Artinya:

Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang beterbangan(QS. Al-Muzzammil, ayat 14).

Hampir senada dengan ayat-ayat itu, Allah Subhanahu wata’ala juga berfirman dalam surat An-Nazi’at ayat 6 dan 7,

يَوْمَ تَرْجُفُ الرَّاجِفَةُ , تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ

Artinya:

Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan [pada hari ketika] tiupan pertama menggoncang alam, tiupan itu diikuti oleh tiupan kedua (QS. An-Nazi’at, ayat 6 dan 7).

Semua ayat-ayat di atas mempunyai makna yang sama, walaupun dengan lafazh yang berbeda beda. Hal ini menunjukkan betapa dahsyatnya goncangan bumi pada hari kiamat nanti. Semua yang hidup di dalamnya akan dihancurkan dengan goncangan yang sangat dahsyat itu. Ya, semua makhluk hidup akan mati, kecuali apa yang dikehendaki oleh Allah Subhanahu wata’ala, sebagaimana Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 68, yaitu,

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ

وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ

فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya:

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu [putusannya masing-masing] (QS. Az-Zumar, ayat 68).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                            

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *