Kultum 22: Kapan Terjadi Kiamat Adalah Perkara Ghaib

Kapan Terjadi Kiamat Adalah Perkara Ghaib
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dari sabda Rasulullah ini bisa dipahami “sangat dekatnya waktu terjadinya Kiamat” dengan diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Di samping itu, hadits ini juga mengisaratkan bahwa tidak ada lagi nabi yang akan di utus setelah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam sampai nanti datangnya hari Kiamat.

Para ulama juga sepakat bahwa tidak ada seorangpun yang mengetahui tentang ‘kapan’ terjadinya Kiamat, baik dia Nabi, Sahabat, Ulama, Syekh, Ustad manapun tentang kapan terjadinya hari Kiamat. Akan tetapi para ulama juga sepakat bahwa akan terjadinya hari Kiamat hanya bisa diketahui dari tanda atau isyarat tentang ‘dekatnya hari Kiamat’.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu isyarat itu adalah bhwa hari Kiamat akan datang pada hari Jum’at, sebagaimana diriwayatkan dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ

النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

Artinya:

Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Pada hari itu, Adam diciptakan; di hari itu Adam meninggal; di hari itu tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan (HR. Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Ada juga hadits yang hampir sama dengan hadits tersebut dengan redaksi yang berbeda yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ

الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ

الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ

السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya:

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Tidak akan ditegakkan (disegerakan) Kiamat kecuali pada hari Jum’at (HR. Muslim).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh       

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *