Kisah Abu Nawas: Tebak-tebakan Lawan Anak Kecil, Abu Nawas Sengaja Kalah demi Bebaskan Burung

Abu Nawas Sengaja Kalah demi Bebaskan Burung
Abu Nawas Sengaja Kalah demi Bebaskan Burung. Foto: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – DIKISAHKAN ada seorang anak kecil yang ingin mengalahkan Abu Nawas dalam permainan tebak-tebakan. Anak itu bahkan sampai rela menunggu di sebuah jalan yang biasa dilalui Abu Nawas.

Tidak berapa lama lewatlah Abu Nawas yang baru pulang dari kebun. Ia membawa dua labu yang dipetik dari kebun miliknya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anak kecil tersebut lalu segera menghampiri dan menyapanya. “Tuan Abu Nawas, bisakah Anda berhenti sebentar?” minta si anak, dikutip dari kanal YouTube Humor Sufi Official, Selasa (21/2/2023).

Abu Nawas pun menghentikan langkahnya menuruti permintaan anak kecil itu. “Ada apa memangnya?” tanya dia.

“Begini Tuan Abu Nawas, Anda kan sangat terkenal cerdik, juga pandai. Oleh karena itu, aku ingin menantang Anda main sebuah tebak-tebakan,” kata si anak penuh percaya diri.

“Boleh, apa peraturannya?” tanya Abu Nawas.

“Apabila Tuan Abu Nawas tidak bisa menjawab tebakanku, maka buah labu yang ada di tangan Anda jadi milikku,” ujar si anak kecil.

“Baik, silakan apa tebak-tebakanmu?” ucap Abu Nawas.

“Coba tebak, burung kecil yang ada dalam genggaman tanganku ini hidup atau mati? Kalau Tuan Abu Nawas menjawab salah, maka buah labunya jadi milikku,” kata si anak kecil.

Dengan wajah tersenyum, Abu Nawas mengangguk setuju. Lalu ia pun menjawab, “Burung kecil dalam genggamanmu sudah mati.”

Mendengar jawaban tersebut, si anak kecil senang sekali. “Anda salah Tuan Abu Nawas,” teriak dia kegirangan. Lalu membuka genggaman tangannya dan membiarkan burungnya terbang bebas.

“Oh iya aku salah. Baiklah, buah labu ini menjadi milikmu,” balas Abu Nawas tersenyum bahagia.

Si anak kecil merasa heran kenapa Abu Nawas malah terlihat gembira. Tapi di lain pihak, ia mendapat dua buah labu tanpa harus membelinya.

Dengan wajah ceria, si anak kecil kemudian membawa pulang buah labu pemberian Abu Nawas itu. Setibanya di rumah, ayah si anak lantas bertanya tentang dua buah labu yang dibawanya.

“Dari mana kamu mendapatkan itu?” tanya sang ayah.

Anak tersebut dengan bangganya menceritakan bahwa dirinya telah mengalahkan Abu Nawas main tebak-tebakan. Lalu buah labu yang dibawanya adalah hadiah atas kemenangannya.

“Memangnya tebakan apa yang kau berikan sehingga membuat Tuan Abu Nawas tidak bisa menjawabnya?” tanya ayahnya penasaran.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *