8 Amalan Bulan Sya’ban Menurut Ajaran Nabi SAW: Puasa-Berdzikir

Amalan Bulan Sya'ban
Amalan Bulan Sya'ban
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kaum muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

7. Puasa

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Melaksanakan ibadah puasa Syaban merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan oleh umat Islam.Dikutip dari laman resmi NU,islam.nu.or.id, Syekh Nawawi al-Bantani mengatakan salah satu keutamaan berpuasa Syaban adalah mendapatkan syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat kelak.

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Puasa sunnah yang kedua belas adalah Puasa Syaban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).
Sementara itu, dalam riwayat al-Bukhari, ‘Aisyah mengatakan:وما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل صيام شهر قط إلا رمضان، وما رأيته أكثر صياما منه في شعبان

Artinya: “Aku tidak melihat Rasulullah SAW puasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak melihat melihat beliau banyak puasa kecuali pada bulan Syaban”
Sementara itu anjuran puasa ini juga sebagaimana disebutkan dalam hadits, “Langit mendadani dirinya pada setiap Kamis bulan Syaban, dan para malaikat mengatakan, “Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa orang yang berpuasa di dalamnya dan kabulkanlah doanya.”

8. Salat Tahajud

Kaum muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan salat tahajud di bulan Syaban. Hal ini sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan keuntungan dari Allah SWT bagi hambanya yang terbangun untuk sholat tahajud. Berikut hadistnya,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ ‏”‏‏.

Artinya: Seperti dinarasikan Abu Huraira, Rasulullah SAW mengatakan, “Allah SWT yang maha besar dan maha kuat, turun ke surga yang terdekat dengan kehidupan manusia saat malam hanya tersisa sepertiga. Allah SWT berkata, Adakah hamba yang memohon kepadaKu sehingga Aku bisa menanggapi permohonannya? Adakah hambaku yang meminta kepadaKu sehingga Aku bisa mengabulkan permintaannya? Adakah yang memohon pengampunan sehingga Aku bisa mengampuninya?” (HR Bukhari).

Nah, itulah 8 amalan bulan Syaban yang bisa dikerjakan umat Islam pada bulan ini. Semoga bermanfaat, Lur!

banner 800x800