Usai Dianiaya Mario Dandy, David Menderita Diffuse Axonal Injury, Apa Itu?

David Menderita Diffuse Axonal Injury
David Menderita Diffuse Axonal Injury
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idDavid, korban penganiayaan berusia 17 tahun, masih berada di unit perawatan intensif rumah sakit. Penganiayaan terhadap David dilakukan oleh anak pejabat pajak, Mario Dandy Satriyo. Pelaku kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Anggota Bagian Siber dan Media PP GP Ansor yang juga rekan ayah korban, Ahmad Taufiq, membeberkan hasil pemeriksaan David. Menurut dokter, anak pengurus Ansori itu mengalami diffuse axonal injury.

Kondisi ini disebabkan oleh benturan keras di kepala korban yang mengakibatkan trauma pada otak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa sebenarnya diffuse axonal injury? Bagaimana  pengaruhnya terhadap kesehatan sang pengidap?

Apa Itu Diffuse Axonal Injury

Diffuse axonal injury atau DAI merupakan kondisi cedera otak karena trauma dan menjadi salah satu yang paling akut.
Hal ini biasanya terjadi saat otak bergeser dengan cepat pada tengkorak yang cedera. Hal ini menyebabkan akson (serat penghubung otak) terpotong.

DAI dapat menyebabkan adanya cedera di hampir seluruh bagian otak dan membuat penderitanya kerap mengalami koma. Kehilangan kesadaran dapat terjadi  selama beberapa jam hingga minggu tergantung tingkat keparahannya.

Penyebab cedera kepala traumatis paling umum disebabkan kecelakaan lalu lintas yang berkecepatan tinggi. Selain itu, kondisi ini dapat terjadi setelah jatuh dari ketinggian atau menerima benturan yang sangat keras di bagian kepala.

Gejala utama dari DAI adalah kehilangan kesadaran. Disusul gejala lainnya, seperti sakit kepala, mual hingga muntah, kelelahan, sulit tidur atau tidur lebih lama, pusing, hilangnya keseimbangan, serta kebingungan.

Pengobatan DAI

Pengobatan DAI yakni dengan mengurangi pembengkakan di dalam otak dengan serentetan steroid. Jika tidak, dapat membuat otak semakin rusak. Pasien juga harus menjalani sejumlah program pemulihan.

Program pemulihan yang dapat dilakukan antara lain terapi berbicara, terapi fisik, terapi rekreasi, dan pemberian dukungan. Kemudian, perawatan lain pun dibutuhkan dalam proses penyembuhan. Diantaranya, memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi serta diberikan obat-obatan.

Berisiko kematian

Pasien yang terkena DAI parah, dapat tidak  selamat. Namun, diffuse axonal injury  ringan hingga sedang, dapat diobati dengan rehabilitasi.
Kebanyakan orang yang selamat dari DAI akan koma dan bahkan tidak pernah sadar kembali. Namun, sebagian penderitanya ada juga yang berhasil sadar, meski dirinya akan mengalami gangguan neurologis, seperti cacat seumur hidup.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *