Hikmah Malam: Doa Agar Paham Dalam Belajar Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Islam sebagai agama terakhir sekaligus agama yang sempurna, memiliki bacaan doa untuk setiap perbuatan baik yang dilakukan umatnya. Terutama dalam hal menuntut ilmu yang merupakan kewajiban dalam Islam.

Doa menuntut ilmu selain dibaca diri sendiri juga bisa dibacakan oleh orang lain, contohnya orang tua kepada anaknya. Seperti yang diambil dari buku Pengantar Hukum Indonesia, Rahman Amin (2019:29),

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Diceritakan bahwa Rasulullah saw telah mendoakan Ibnu Abbas dengan mengatakan Allahumma faqqihhu fiddin, yang artinya, ya Allah berikan dia pemahaman dalam agama”.

Allahumma Faqqihhu Fiddin sebagai Bacaan Doa Menuntut Ilmu

Sebelum memulai belajar, dibutuhkan niat agar menuntut ilmu dilakukan dengan keikhlasan hanya mengharap ridha Allah swt. Setelah itu, sesuai ajaran Rasulullah saw, biasakan untuk membaca doa memohon pertolongan dari Allah untuk kemudahan dalam hal menuntut ilmu. Simak ulasan tentang Allahumma faqqihhu fiddin sebagai bacaan doa menuntut ilmu sesuai ajaran Islam berikut ini.

Banyak keutamaan jika kita memulai belajar dengan membaca doa. Selain dimudahkan dalam pelajaran sulit, ilmu yang kita peroleh akan mendapat keberkahan. Ilmu yang berkah akan tidak cepat hilang dari ingatan kita.

Membiasakan diri untuk berdoa dalam menuntut ilmu juga sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw kepada sahabat-sahabatnya. Beliau mencontohkan dengan selalu membelai kepala Ibnu Abbas r.a yang saat itu masih kecil, sambil mendoakannya.

Adapun bacaan doa menuntut ilmu adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ فَقِّهُّ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqihhu fiddin wa a’llimhuttakwil.

“Ya Allah, berilah kepahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkan Takwil (tafsir Alquran) dan berikan saya kemampuan untuk memahami hal-hal yang sulit”.

Setelah mengetahui kalimat lengkap Allahumma faqqihhu fiddin, kini Anda bisa ajarkan kepada anak sebagai bacaan doa dalam menuntut ilmu.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *