TASAMUH = TOLERANSI

TASAMUH = TOLERANSI
S. Heri Susatyo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: S. Heri Susatyo

Hajinews.id – Dalam bahasa Arab, tasamuh lebih dimaknai sebagai toleransi yang juga diartikan sebagai sikap tenggang rasa, lapang dada, dan bermurah hati. Tasamuh= Toleransi adalah saling menghormati dan menghargai antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perjanjian Madinah adalah wujud kesepakatan untuk menjalankan toleransi= tasamuh di antara golongan- golongan yang ada di Madinah, yakni di antara Rasul Allah Muhammad dan Sahabat, golongan Yahudi, dan golongan- golongan lainnya.

Pada saat penduduk Madinah telah bersepakat untuk toleran= tasamuh terhadap orang- orang yang berbeda. maka penduduk (musyrik) di Mekah tetap tidak toleran= tasamuh terhadap orang- orang yang berbeda, tidak saja di dalam negeri (yakni Mekah), tetapi juga yang ada di luar negeri (yakni Madinah). Orang musyrik Mekah yang berkehendak membunuh Rasul Allah Muhammad (karena berbeda), sehingga Nabi Muhammad terpaksa Hijrah ke Madinah, belum juga puas, sehingga mereka tetap berkehendak membunuh Nabi Muhammad hingga ke Madinah.

Bukan hanya pada peristiwa penandatanganan Perjanjian Madinah, pada tahun 622 Miladiyah, tentang adanya ajaran toleransi= tasamuh terhadap yang berbeda di dalam Al Qur’an dan As Sunnah, namun juga pada peristiwa Fathu Makkah, yang terjadi di tahun 8 Hijriah.

Al- Qur’an: Al-Ma’idah: 8

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُونُوا۟ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَـَٔانُ قَوْمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعْدِلُوا۟ ۚ ٱعْدِلُوا۟ هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ kụnụ qawwāmīna lillāhi syuhadā`a bil-qisṭi wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin ‘alā allā ta’dilụ, i’dilụ, huwa aqrabu lit-taqwā wattaqullāh, innallāha khabīrum bimā ta’malụn

Hai orang- orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Pada 1400 tahun yang lalu Barat belum mengajarkan dan menyelenggarakan toleransi= tasamuh ketika Rasul Allah Muhammad dan Sahabat pada 1400 tahun yang lalu telah mengajarkan dan menyelenggarakan toleransi= tasamuh.

Pada 1400 tahun yang lalu Barat belum mengajarkan dan menyelenggarakan pembentukan/ pendirian negara dengan berdasarkan kepada perjanjian di antara golongan- golongan yang ada, ketika Rasul Allah Muhammad dan Sahabat pada 1400 tahun yang lalu telah mengajarkan dan menyelenggarakan pembentukan negara/ masyarakat di Negeri Madinah dengan berdasarkan kepada perjanjian di antara golongan- golongan yang ada.
—————————————————-
(Temanggung, Jawa Tengah, 27 Februari 2023)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *