Kultum 37: Kengerian di Padang Mahsyar

Kengerian di Padang Mahsyar
Rubadi Budi Supatma
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Akan tetapi, tidak demikian bagi mereka yang dikehendaki Allah Subahanahu wata’ala untuk diberi naungan. Allah berfirman,  يَوْمَ يَقُوْمُ النَّاسُ لِرَبِّ الْعَالَمِيْنَ  Pada hari manusia bangkit menghadap Allah Tuhan Semesta Alam (QS. Al-Muthaffifin, ayat 6). Lantas berapa lama mereka harus menunggu,

مِقْدَارَ نِصْفِ يَوْمٍ مِنْ خَمْسِيْنَ أَلْفَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

سَنَةٍ فَيُهَوِّنُ ذَلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِ كَتَدَلِّي

الشَّمْسِ لِلْغُرُوْبِ إِلىَ أَنْ تَغْرُبَ

Artinya:

Selama setengah hari (dari satu hari yang kadarnya) lima puluh ribu tahun. Maka diringankan bagi orang mukmin (sehingga lamanya) seperti matahari menjelang terbenam sampai terbenam.

Kedahsyatan itu bisa dibayang akan menjadi semakin mengerikan jika kita bayangkan lamnya waktu menunggu, yaitu 50.000 tahun untuk diadili. Dalam hal ini, Imam Muslim meriwayatkannya secara munfarid (sendirian, tanpa Imam Bukhari) di dalam kitab sahihnya dengan lengkap melalui hadis Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Dan untuk perincian jalur-jalur dan lafaz-lafaz hadis ini terdapat di dalam kitab zakat dari ilmu fiqih.

Adapun tujuan dari dikemukakannya hadits ini dalam hubungannya dengan waktu di Padang Mahsyar ini adalah karena di dalam hadits ini terdapat kalimat,

حَتَّى يَحْكُمَ اللَّهُ بَيْنَ عِبَادِهِ فِي يَوْمٍ

كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Artinya:

Hingga Allah menyelesaikan keputusan (peradilan) di antara hamba-hambaNya dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.

Untuk acuan lebih meyakinkan tentang waktu 50.000 tahun ini, kita juga bisa melihat firman Allah Subhanahu wata’ala dalam surat Al-Ma’arij, ayat 4.

Semoga kita termasuk orang yang akan mendapat naungan dari Allah dan syafa’at dari Rasulullah di Padang Mahsyar nanti, dan semoga kita baca ini menjadi pengingat kita semua tentang Padang Mahsyar, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad idris Adh         

—ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *