Mengenal Apa Itu Nominee? Strategi Rafael Menyembunyikan Harta Kekayaan

Mengenal Apa Itu Nominee
Rafael Alun Trisambodoo
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelidiki dan klarifikasi aset harta kekayaan yang diduga milik mantan Direktur Jenderal (Ditjen) pejabat Kementerian Pajak (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

KPK memperkirakan pejabat pajak Rafael, terlibat pencucian uang, menyembunyikan asetnya. Ayah tersangka penganiayaan Mario Dandy Satriyo dikatakan telah membeli aset dan memegang saham di perusahaan, menggunakan taktik nominee sebagai strategi untuk menyembunyikan hartanya.

Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, mengatakan cara nominee itu membuat kekayaan Rafael tidak bisa terlacak melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Konsultan pajak yang menjadi nominee Rafael pun telah kabur ke luar negeri karena menghindari pemeriksaan KPK.

Lantas, apa itu taktik nominee yang diterapkan Rafael?

Mengenal nominee

Melansir laman firma hukum Misael and Partners, nominee berasal dari bahasa Inggris yang berarti seseorang atau perusahaan yang namanya digunakan untuk pembelian suatu benda seperti saham, tanah dan bangunan, dan lainnya. Namun, ia sebenarnya bukan pemilik asli dari benda-benda tersebut.

Jika seseorang ingin meminjam nama orang lain untuk memiliki suatu benda, perjanjian nominee dapat diterapkan terhadapnya. Perjanjian nominee atau perjanjian pinjam nama umumnya dibuat dalam bentuk perjanjian akta autentik oleh notaris.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *