7 Makanan dan Herbal Yang Bisa Bikin Asam Urat Rontok, Mudah Didapat

Makanan dan Herbal Yang Bisa Bikin Asam Urat Rontok
Ceri
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Saat asam urat menyerang, penderitanya tentu mengalami rasa sakit yang luar biasa. Nah, ada beberapa obat asam urat yang terbuat dari bahan makanan dan herbal.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah di atas batas normal. Asam urat ini kemudian menumpuk di ruang sendi dan menyebabkan gangguan pada jaringan sendi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meringkas dari WebMD, setelah melewati ambang batas, asam urat darah sebenarnya tidak dapat dipecah. Senyawa ini akhirnya mengendap menjadi kristal asam urat dan masuk ke dalam organ tubuh terutama persendian.

Tubuh memandang kristal asam urat ini sebagai benda asing. Ini memicu sel-sel kekebalan untuk menghancurkannya. Kemunculan sel-sel imun ini menimbulkan respon inflamasi atau inflamasi yang menimbulkan nyeri dan pembengkakan merah pada persendian yang terkena, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Untuk pengobatan asam urat atau asam urat, dokter dapat menawarkan obat-obatan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Tetapi beberapa pengobatan alami juga dapat membantu meringankan gejala asam urat.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan dan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami untuk dipertimbangkan:

1. Makanan tinggi magnesium

Makanan yang mengandung magnesim tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Beberapa ahli mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk tekanan inflamasi kronis di tubuh.

Lagi pula, sebuah studi yang diterbitkan dalam PLoS One ada 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat.

Tapi, penelitian tersebut melaporkan reaksi ini cenderung hanya berlaku untuk pria, tidak pada wanita. Cobalah mengonsumsi makanan kaya magnesium setiap hari. Hal ini diyakini dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang.

2. Brotowali

Brotowali atau akar ali-ali adalah tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah atau tumbuh liar. Orang menggunakannnya dengan cara merebus batangnya, lalu diminum air rebusannya.

Meski rasanya sangat pahit, brotowali dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Sebuah penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Pyhto Journal, mengungkap bahwa sari batang brotowali efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *