Ini 19 Cara Mengatasi Kesemutan Tangan dan Kaki

Mengatasi Kesemutan Tangan dan Kaki
Kesemutan Tangan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Anda bisa mengobati kesemutan dengan cara-cara berikut ini jika Anda mengalaminya. Sebelum mengetahui cara mengobati kesemutan, ada baiknya Anda juga mengetahui apa itu kesemutan dan apa penyebabnya?

Kesemutan

Kesemutan adalah istilah yang menggambarkan kondisi merasakan seperti merinding, mati rasa, atau gatal tanpa alasan yang jelas pada bagian tubuh tertentu. Dalam istilah medis, kesemutan disebut dengan parestesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kesemutan merupakan sensasi tertusuk-tusuk sekaligus mati rasa, diibaratkan seolah-olah ada banyak semut yang sedang menggerayangi atau menggigit bagian tubuh. Biasanya kesemutan terjadi ketika duduk sambil menyilangkan kaki atau tidur terlalu lama sambil menimpa bagian tubuh, paling sering terjadi pada tangan dan kaki.

Kesemutan adalah mekanisme tubuh untuk mengirim sinyal ke otak ada bagian tubuh yang membutuhkan aliran darah dan oksigen. Namun jangan khawatir, karena biasanya kesemutan hanya akan berlangsung beberapa saat dan akan sembuh sendiri ketika aliran darah ke saraf normal kembali.

Penyebab Kesemutan

Dilansir dari situs Healthline pada Senin (13/3/2023), biasanya sensasi kesemutan terjadi karena adanya penekanan saraf. Tekanan berkepanjangan pada saraf akan menghambat pengiriman oksigen dan energi yang dibutuhkan tubuh, untuk mengirimkan sinyal ke otak. Hal ini bisa terjadi ketika kamu duduk dengan kaki bersilang dalam waktu yang lama, atau akibat meletakkan tangan di bawah kepala ketika tertidur.

Sedangkan penyebab kesemutan yang berkepanjangan bisa jadi pertanda ada gangguan kesehatan tertentu yang sedang dialami, seperti:

  • Diabetes
  • Gangguan ginjal
  • Penyakit hati
  • Stroke
  • Tumor otak
  • Kanker
  • Kusta
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Carpal tunnel syndrome
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat kemoterapi, antibiotik, dan obat imunoterapi
  • Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan paparan zat beracun, seperti merkuri, arsenik, dan timbal
  • Kekurangan vitamin B12

Cara Mengatasi kesemutan

Dilansir dari berbagai sumber Senin (13/3/2023), berikut cara mengatasi kesemutan:

1. Ubah posisi tubuh

Salah satu penyebab kesemutan adalah tertekannya saraf, akibat postur tubuh yang kurang baik. Duduk atau berdiri dalam posisi yang salah dapat meningkatkan tekanan di tubuh yang dapat merusak otot dan tulang belakang. Hal tersebut dapat memicu kesemutan dan mati rasa.

Kamu bisa menggunakan bantal sebagai alas, dan pilih kursi yang nyaman dan memiliki sandaran leher. Sehingga dapat membantu mengurangi beban tubuh dan kemudian mendukung proses penyembuhan saraf.

Jika biasanya kamu mengalami kesemutan saat sedang duduk, maka bangun dan bergerak sesering mungkin untuk menghindarinya. Terutama jika kamu ada dalam keadaan yang mengharuskan duduk untuk waktu yang lama.

2. Istirahat yang Cukup

Tidur sangat penting untuk membantu penyembuhan saraf, karena tubuh akan melakukan perbaikan alami saat tidur. Dengan tidur artinya tangan dan kaki juga istirahat maka dapat membantu meredakan kondisi ini dengan sendirinya.

3. Gunakan Alat Khusus

Untuk menghilangkan kesemutan juga dapat menggunakan sarung tangan khusus yang dapat membatasi pergerakan tangan. Cara ini biasanya digunakan pada orang dengan kondisi tertentu, seperti pengidap sindrom carpal tunnel.

4. Terapi fisik

Terapi fisik dapat membantu menambah kekuatan otot yang mengelilingi saraf yang rusak. Semakin kuat otot tersebut, maka tekanan pada saraf akan semakin berkurang, sehingga kesemutan bisa reda dan tidak muncul kembali.

5. Minum obat

Beberapa jenis obat-obatan seperti ibuprofen, naproxen sodium dan suntikan steroid dapat membantu meredakan rasa nyeri yang muncul di area kaki maupun tangan yang kesemutan. Obat-obatan tersebut juga dapat membantu meredakan pembengkakan, akibat peradangan yang terjadi.

6. Yoga

Cara mengatasi kesemutan bisa dengan peregangan dan yoga. Sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan dan tekanan di area saraf.

7. Mengangkat Kaki

Mengangkat kaki dan menyandarkannya ke tembok bisa menurunkan tekanan pada tulang belakang yang merupakan pusat saraf.

8. Kompres Dengan Air Hangat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *