Ini 19 Cara Mengatasi Kesemutan Tangan dan Kaki

Mengatasi Kesemutan Tangan dan Kaki
Kesemutan Tangan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Kesemutan juga bisa disebabkan oleh peradangan. Dengan mengompres tangan dan kaki menggunakan air dingin maupun hangat dapat membantu meredakan peradangan tersebut. Penggunaan air hangat sangat ampuh karena dapat membantu membuat aliran darah kembali lancar dan otot kembali rileks.

9. Merubah Gaya Didup

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Cara mengatasi kesemutan dalam jangka panjang adalah dengan perubahan gaya hidup seperti olahraga teratur, maka dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf. Pergerakan yang dilakukan dari olahraga juga bisa mengurangi peradangan penyebab kesemutan.

10. Menambah Asupan Vitamin B

Kamu perlu mencukupi asupan vitamin B karena sebagian besar kesemutan disebabkan karena kekurangan vitamin tersebut. Ada banyak vitamin B yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, dari mulai B1, B6, hingga B12. Makanan yang mengandung banyak vitamin B yaitu ikan, telur, susu, keju, oatmeal, dan makanan lainnya.

11. Kurangi Alkohol dan Rokok

Salah satu penyebab sering timbulnya kesemutan adalah konsumsi alkohol dan rokok berlebih. Maka dari itu, cara mengatasi kesemutan dengan mengurangi konsumsi alkohol dan rokok. Kedua hal ini merupakan sumber dari banyak penyakit berat yang dialami oleh seseorang.

12. Menggoyangkan Jari Kaki

Apabila kesemutan terjadi pada kaki, cara mengatasi kesemutan yaitu dengan menggoyangkan jari kaki. Gerakan tersebut akan membuat darah bergerak, serta membantu meningkatkan sirkulasi yang mampu menghentikan sensasi kesemutan.

13. Jangan Menyilangkan Kaki

Tidak menyilangkan kaki terlalu lama dapat membantu melepaskan tekanan pada saraf. Ketika tekanan terlepas, saraf akan bisa kembali mengambil oksigen sehingga mampu melancarkan aliran darah.

14. Menggerakan Kaki yang Sesemutan

Bergerak akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus meredakan sensasi tidak nyaman akibat kesemutan. Rasa sedikit lebih hangat pada bagian kaki, mungkin akan menjadi salah satu tanda ketika aliran darah mulai membaik.

15. Mengubah Ukuran Sepatu

Cara mengatasi kesemutan pada kaki yang lainnya dengan mengubah sepatu ukuran sepatu. Jika sedang merasakan kesemutan pada kaki, maka gantilah sepatu menjadi sepatu yang lebih nyaman, pas, dan tidak membatasi pergerakan jari-jari kaki agar dapat membantu mengembalikan aliran darah yang sempat tersumbat.

16. Kepalkan dan Buka Kepalan Tangan

Jika terjadi kesemutan pada tangan, maka cara mengatasi kesemutan dengan mengepalkan dan melepas kepalan tangan. Gerakan ini membantu mengalirkan darah dengan cepat yang akan meredakan ketegangan saraf.

17. Menggoyangkan Kepala Dari Sisi ke Sisi

Cara menghilangkan kesemutan yaitu dengan menggoyangkan kepala. Goyangkan kepala dengan lembut, untuk meredakan tekanan pada sekitar saraf leher. Efeknya bisa membantu meredakan sensasi kesemutan pada tangan.

18. Relaksasi Otot Tangan

Cara menghilangkan kesemutan di tangan bisa dengan melakukan relaksasi otot tangan. Relaksasi juga akan membantu mengambil tekanan saraf dan akan mengambil oksigen untuk disuplai ke darah.

19. Pijat Secara Perlahan

Dengan memijat bagian tubuh akan melancarkan peredaran darah dan mencegah terjadinya kesemutan. Peredaran darah yang semula tak lancar bisa kembali mengalir dengan normal. Lakukanlah pijatan ringan secara perlahan dan ringan.

Tidak hanya menghilangkan kesemutan, dipijat akan membuat tubuh dan pikiran juga akan terasa lebih segar dan rileks setelah mendapatkan pijatan di seluruh tubuh.

Sebenarnya cara mengatasi kesemutan cukup mudah, hanya dengan mengubah posisi gerak dan duduk, maka rasa kesemutan akan hilang dengan sendirinya. Umumnya kesemutan muncul hanya beberapa menit saja. Namun jika kesemutan parah dan tidak kunjung hilang, hal itu mungkin menandakan masalah medis lain. Kamu harus segera pergi ke dokter dan konsultasi hal yang kamu alami.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *