Kisah Abu Nawas: Pakai Dukun Palsu, Abu Nawas Bikin Abu Jahal Lunasi Utang

Abu Nawas Bikin Abu Jahal Lunasi Utang
Abu Nawas Bikin Abu Jahal Lunasi Utang
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



“Benarkah? Baiklah Abu Nawas, aku ikut. Aku juga pengin kaya raya,” sahut Abu Jahal kegirangan.

Singkat cerita sampailah Abu Nawas dan Abu Jahal di rumah seorang dukun pesugihan. Setelah keduanya dipersilakan masuk, dukun tersebut bertanya, “Ada keperluan apa kalian kemari?”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Abu Nawas lalu mengungkapkan keinginan ingin kaya raya tanpa harus bekerja. “Oh itu gampang, tapi ada syaratnya,” ujar dukun tersebut.

“Apa itu syaratnya?” tanya Abu Nawas.

“Syaratnya harus ada tumbal, tapi jangan khawatir tumbalnya tidak harus dari keluarga, orang lain juga bisa dijadikan tumbal, tapi orang lain tersebut adalah orang yang ada kaitannya dengan hartamu,” jawab sang dukun.

“Maksudnya bagaimana? Saya belum paham,” tanya Abu Nawas lagi.

“Ya misalnya orang yang punya utang sama kamu, maka orang tersebut bisa dijadikan tumbal, meskipun dia bukan anggota keluargamu,” jawab sang dukun.

“Kalau orangnya tidak mau bagaimana?” tanya Abu Nawas.

“Kamu tidak perlu minta izin. Orang tersebut nanti akan jadi tumbal tanpa dia sadari dan ia akan mati mengenaskan,” kata sang dukun menjelaskan.

“Oh begitu, baiklah aku setuju,” balas Abu Nawas sambil melirik ke arah Abu Jahal.

Abu Jahal yang merasakan gelagat dirinya akan dijadikan tumbal, seketika langsung gemetaran. Kemudian Abu Nawas diajari mantra oleh sang dukun sebagai ritual saat tengah malam.

Sepulangnya dari rumah sang dukun di tengah perjalanan Abu Nawas berkata, “Abu Jahal, utangmu yang 100 dinar tidak usah kamu kembalikan, aku ikhlas.”

Mendengar hal itu, Abu Jahal langsung ketakutan. “Jangan Abu Nawas, aku akan mengembalikan uangnya sekarang juga. Nanti setelah kita sampai di rumah, aku akan langsung mengembalikannya,” sahut dia ketakutan.

“Bukannya kemarin kamu bilang uangmu sudah habis?” goda Abu Nawas.

“Uangku masih banyak Abu Nawas. Aku kemarin bohong sama kamu,” ucap Abu Jahal.

Akhirnya hari itu juga Abu Jahal langsung mengembalikan uang yang dipinjam. Ternyata dukun yang didatangi Abu Nawas dan Abu Jahal adalah sahabatnya Abu Nawas.

Abu Nawas dan sahabatnya sengaja mengatur siasat tersebut supaya Abu Jahal segera melunasi utangnya. Allahu a’lam bissawab.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *