Untuk Pertama Kalinya, London Menyambut Bulan Ramadan Dengan Dekorasi Lampu Yang Meriah

London Menyambut Bulan Ramadan Dengan Dekorasi Lampu
London Menyambut Bulan Ramadan Dengan Dekorasi Lampu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ribuan lampu dan dekorasi diterangi untuk pertama kalinya di London barat, Inggris, dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Pada 21 Maret 2023, Walikota London, Sadiq Khan, menyalakan instalasi 30.000 lampu yang mempesona di Coventry Street antara Piccadilly Circus dan Leicester Square.

Seperti dikutip BBC pada Kamis 23 Maret 2023, Khan adalah salah satu dari 1,3 juta pengikut Islam di London. Bagi umat Islam, Ramadan adalah salah satu bulan paling suci dalam setahun, termasuk hari puasa di siang hari. Posisi bulan menentukan tanggal puasa pertama, dan Ramadan tahun ini dimulai pada malam hari tanggal 22 Maret 2023 dan berakhir pada tanggal 20 April 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Instalasi lampu yang luar biasa ini dibuat oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK, yang sebagian besar didanai oleh sumbangan publik. Aisha Desai, pendiri organisasi tersebut, mengatakan proyek tersebut terinspirasi dari pertunjukan lampu Natal di London.

“Saya ingat pada saat melihat lampu Natal bersama saudara perempuan saya ketika saya tumbuh dewasa. Saya juga memiliki kesempatan untuk tinggal di Timur Tengah dan saya ingin membawa kegembiraan dan keajaiban itu ke London, kota asal saya,” ujar Desai.

“Konsep yang dikuratori dengan hati-hati ini menggambarkan fase-fase bulan sepanjang bulan Ramadan yang penuh berkah, membawa cahaya Ramadan ke jalanan London,” tulis Ramadan Lights UK dalam postingan di akun Instagramnya.

Dekorasi lampu menggantung di Piccadilly, London itu tampak sangat cantik di malam hari, menampilkan bulan sabit dan bintang-bintang dengan cahaya bernuansa biru, kuning, ungu, dan putih. Di bagian depannya, terlihat tulisan besar berbunyi “Happy Ramadan”.

Instalasi ini akan menyala dari jam 5 sore hingga 4 pagi dari 22 Maret hingga 23 April 2023. Aisha Desai bercerita sudah memulai proyek ini sejak tiga tahun lalu dan mendapat respon positif.

Kelihatannya luar biasa, saya sangat kewalahan dengan tanggapannya,” katanya.

Sebelumnya pada Ramadan 2021, Desai telah membuat instalasi di Finchley, bagian utara London yang menampilkan konsep serupa, dengan fase-fase bulan dan tulisan “Happy Ramadan” yang diletakkan di sebuah taman. Instalasi yang sama kemudian ditunjukkan lagi pada Ramadan 2022 di Henlys Corner, bagian utara London. Akan tetapi, instalasi itu masih tampak sederhana.

Desai merasa gerakan ini penting dilakukan. Ia berkata, “Ini adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam.”

“Saya ingin meningkatkan kesadaran itu juga untuk memberi tahu masyarakat London bahwa ini adalah bulan yang sangat penting bagi kami, ini adalah bulan favorit saya dalam setahun dan saya bersyukur kita ada di sini hari ini,” tambahnya.

Walikota London Memimpin Hitung Mundur Ramadan 2023

Wali Kota London bahagia dapat memimpin hitung mundur dalam menyalakan hiasan lampu Ramadan ini. Ia berbagi melalui akun Twitternya, “Merupakan suatu kehormatan untuk menyalakannya secara resmi malam ini menjelang dimulainya Ramadan,” kata wali kota.

Hiasan lampu yang meriah ini merupakan dekorasi Ramadan yang pertama, tidak hanya untuk London, tetapi seluruh Eropa. “London sekarang menjadi kota besar pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah pertunjukan cahaya spektakuler untuk menandai Ramadan. Ini adalah simbol nyata bagaimana ibu kota kami merayakan keberagaman kami,” lanjut cuitan tersebut.

Khan juga akan berpuasa selama Ramadan. Melalui Instagramnya, ia menyatakan dukungannya terhadap negara-negara muslim yang mengalami musibah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *