Jokowi Menilai KA Makassar-Parepare di Sulawesi Sebagai Daya Saing Negara

KA Makassar-Parepare di Sulawesi Sebagai Daya Saing Negara
KA Makassar-Parepare di Sulawesi Sebagai Daya Saing Negara
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan KA Trans Sulawesi di jalur Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan (Sulsel). Jokowi menilai, kehadiran kereta tersebut akan menjadi keunggulan kompetitif bagi negara.

Jokowi terlebih dahulu mengatakan KA Trans Sulawesi nantinya akan dibagi menjadi beberapa kategori angkutan. Ada yang dirancang khusus untuk mengangkut orang, wisata, dan barang.

“Ini kalau nanti betul-betul keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan menjadi daya saing,” ujar Jokowi saat peresmian Kereta Api Makassar-Parepare di Depo Kereta Api Maros, Rabu (29/3/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia juga menilai Indonesia bisa semakin kompetitif dengan kehadiran kereta api ini. Sebab, akan menjadi angkutan barang yang murah khususnya bagi para pengusaha.

“Kompetitif negara kita akan semakin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah bukan oleh yang lain-lainnya,” sebutnya.

Jokowi juga mengatakan kehadiran kereta api ini untuk memberi pilihan moda transportasi kepada masyarakat dan pengusaha. Sehingga ke depan bisa memanfaatkan jalur yang telah dibangun.

“Ini adalah pilihan yang kita berikan kepada masyarakat, kepada pengusaha untuk menggunakan jalur yang kita bangun ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyebut proyek ini tidak hanya berada di Sulsel. Nantinya juga akan menghubungkan Kota Makassar hingga Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

“Oleh sebab itu saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini, jalur Kereta Api Trans Sulawesi yang nantinya insyaallah akan sambung menyambung dari Makassar sampai ke Sulawesi Utara di Manado,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan untuk saat ini proses pembangunan masih dilakukan bertahap yakni dari Makassar ke Parepare. Kemudian baru diresmikan untuk rute Maros-Barru.

“Meskipun sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare. Dan sekarang yang ingin kita resmikan ini baru dari Maros ke Barru. Jadi ini Makassar nanti kemudian ke sana ke Parepare,” ucap Jokowi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *