Kultum 58: Mengenal Khabib Nurmagomedov yang Tak Terkalahkan

Mengenal Khabib Nurmagomedov
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.id – Nama Khabib Nurmagomedov semakin dikenal setelah mengalahkan petarung Irlandia bernama Conor McGregor. Petarung Irlandia yang terkenal sangat ‘tengil’ itu dicekik di ronde ke-empat dan melakukan tap (menepuk tanda menyerah). Setelah itu, beberapa antrean jagoan UFC (Ultimate Fight Championship = kejuaraan tarung puncak) calon lawan memang masih berderet. Namun, dua teratas yang dianggap mampu menandingi Khabib ternyata juga tidak berdaya meladeni Khabib.

Setelah bapak beliau, Abdul Manaf, pensiunan tentara Rusia yang juga pelatih UFC meninggal akibat covid-19, Khabib mulai ancang-ancang untuk pensiun, padahal masih berusia 31 tahun. Pria yang dikenal taat beragama Islam ini beralasan bahwa dia hanya mendapat ijin dari ibunya untuk bertarung satu kali tanpa kehadiran bapaknya. Dan ijin itupun digunakan dengan baik. Setelah mengalahkan Justin Gaethje dengan leg triagle choke (mencekik dengan kaki), dia langsung (dengan derai air mata) berpamitan kepada penonton yang hadir.

Belakangan ini Khabib menjawab pertanyaan tentang halal atau haramnya olahraga Ultimate Fighting Championship ini. Bela diri campuran atau yang dikenal dengan mixed martial arts (MMA) saat ini memang menjadi salah satu olahraga beladiri yang digandrungi banyak orang. Akan tetapi jika sudah sampai dalam perdebatan agama, banyak orang yang meragukan halal atau haramnya olahraga ini.

Bagaimana tidak. UFC yang paling popular di kancah MMA ini memang sangat lekat dengan berbagai kekerasan. Tentu saja hal itu tidak sejalan dengan ajaran agama manapun. Di UFC selaku organisasi penyelenggara MMA nomor satu, juga terdapat banyak petarung terkenal yang juga taat beragama.

Salah satu orang tersebut adalah mantan petarung nomor satu di UFC ini, yaitu Khabib Nurmagomedov. Khabib tidak pernah malu menunjukkan keyakinanannya tentang Islam kepada penonton ketika sedang bertarung. Sebagai orang yang terkenal dan tak terkalahkan di kelasnya, tampaknya Khabib sudah menduga bahwa pertanyaan mengenai halal dan haramnya olahraga ini suatu saat pasti akan datang kepadanya.

Ulama mengaharamkan olahraga tinju dan sejenisnya berdasarkan firman Allah Ta’ala  وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (QS Al Baqarah, ayat 195). Selain itu, juga firman Allah وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَنْفُسَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا “Dan janganlah kamu membunuh dirimu,  sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu”.

Tanya-jawab tentang ini terlihat dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube, Imam Omar Hajaj. Saat itu, Khabib mendapatkan pertanyaan, “Apakah Anda meninggalkan UFC karena olahraga itu haram?” Seperti dilansir oleh “Juara.net” dari “Sportskeeda”, pensiunan UFC dengan catatan 29 menang tanpa kalah itu menjawab dengan beberapa pernyataan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *