Hikmah Siang: Syarat Ampunan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH. Dr. Haris Muslim, Lc. (Sekretaris Umum PP PERSIS)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: «الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ، وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ» رواه مسلم حديث رقم : 16 (233)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari Abu Hurairah RA sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Shalat lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at, dan dari Ramadhan ke Ramadhan, adalah penghapus dosa, apabila menghindari dosa besar” (H.r. Muslim, Shahih Muslim hadits No. 16 (233)

Dosa-dosa kecil sulit dihindari, sebagai manusia kita sering alpa, bisa jadi tidak sengaja atau bahkan disengaja dan jadi terbiasa.

Dosa kecil bukan berarti boleh dianggap enteng, karena lama kelamaan akan menjadi banyak dan besar dan bahaya jika sudah menjadi tabi’at.

Allah maha pengampun (Ghaffar), amal ibadah rutin seperti shalat lima waktu, shalat jum’at, shaum Ramadhan, dan masih banyak amal kebaikan lainnya akan menjadi penghapus dosa-dosa kita, tetapi ada satu syarat, yaitu menghindari dosa besar.

Dosa besar tidak akan terhapus dengan amalan tersebut, tetapi harus bertaubat kepada Allah SWT.

Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan, marilah perbanyak amal kebaikan, dan hindarilah perbuatan terlarang.

Wassalam,

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *