Kultum 61: Manusia Pesepak Bola Terramah di Dunia

Pesepak Bola Terramah di Dunia
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Banyak pihak menyebutkan bahwa keramahan Sadio Mane selalu ada bila diperlukan. Orang Inggris mengatakan, “Humble as Humble Comes”. Tidak bisa dipungkiri bahwa, “Mane mengesampingkan ambisi pribadinya demi timnya. Dia dianggap sebagai ‘kawan’ yang asli dalam sepakbola. Kontribusinya kepada Liverpool bukan jumlah goal semata. Dengan cuma mencetak tiga gol, itu sudah cukup untuk membuktikan dan menganugerahi mahkota kepada Mane.

Alkisah suatu hari ketika sholat di masjid (di Perancis) Mane bertemu orang seiman dari Ghana yang sedang bertugas membersihkan masjid. “Sebagai Muslim, saya berusaha sholat di masjid”. Mane mengundang pria ini minum teh di tempatnya, tapi dia tidak bisa karena dia harus membersihkan toilet Masjid. Mane kemudian membantu membersihkan toilet bersama-sama.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketika mereka bersama membersihkan toilet, secara tidak sadar ada seseorang yang merekam aksi mulia yang dilakukan pemain berusia 27 tahun tersebut. Mane lantas minta kepada orang itu, Mane minta agar tidak menyebarkan videonya. Orang itu bersumpah tidak akan melakukannya. Namun keesokan harinya video tersebut sudah ada di internet, dan konon sampai sekarang video itu masih bisa diakses.

Ada beberapa hikmah dari apa yang dilakukan Mane. Sebagai milyarder, Mane tetap hidup sederhana, bahkan terlalu sederhana. Dua kesederhanaan itu adalah dia tetap pakai HP butut yang kacanya pecah walau ia mampu beli satu truk smartphone baru. Untuk mengajak minum teh, dia rela membersihkan toilet masjid dulu agar orang itu mau.

Kita patut bertanya, apa yang membuat Mane seramah dan sesederhana ini? Bukankah dia baru berusia 27 tahun? Bukankah dia bisa menikmati gajinya yang berpuluh milyar Rupiah setiap tahun? Tampaknya Mane punya konsep yang tidak dilakukan oleh layaknya seorang selebriti.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh           

—ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *