Nilai Lembaga Survei yang Jagokan Elektabilitas Ganjar Tak Bermutu, Rocky Gerung: Kalau Bermutu Nggak Akan Gagal Proyeksi Ucapan Soal Israel

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat politik Rocky Gerung menilai lembaga survei yang kerap menyebut elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tinggi jelang tahun politik 2024 tak bermutu.

Menurutnya lembaga survei itu telah gagal memproyeksikan sosok Ganjar imbas penolakan kehadiran Timnas Israel untuk bertanding di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia menyebut lembaga survei yang digunakan Ganjar tidak mempunyai faktor ektsternal untuk menguji dampak jika Ganjar menolak Timnas Israel tersebut.

“Kita tahu bagaimana lembaga-lembaga survei yang sebetulnya dipakai oleh Ganjar itu sebetulnya juga enggak enggak punya faktor eksternal untuk menguji, misalnya diuji aja saja lembaga survei, kalau Ganjar nolak Israel akibatnya apa? Ini lembaga survei nggak mikirin itu, mikirin duit,” ucap Rocky dikutip hajinews dari channel Youtube pribadinya, Sabtu (1/4/2023).

Rocky Gerung pun menyebut lembaga survei itu tak bermutu dan dungu lantaran tak bisa memproyeksikan ucapan Ganjar.

“Bayangkan misalnya lembaga survei pun sekarang bisa disogok dan terbukti akhirnya. Apalagi lembaga surveinya Ganjar, itu pasti juga disogok untuk menaikkan elektabilitas, tapi gagal untuk memproyeksi ucapan Ganjar berhubungan dengan U-20 Israel itukan.”

“Kalau bermutu, survei Ganjar ngomong begini akibatnya apa, jadi ya udahlah bahwa lembaga surveinya Ganjar juga dungu secara politik dan mungkin metodologinya kuat tapi karena dia berfikir bahwa ini adalah soal uang, maka dia enggak berfikir dampak dari ucapan calon yang sedang mereka goreng elektabilitasnya,” papar Rocky.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo secara terang-terangan menolak Timnas Israel bermain di Indonesia.

Ia menyebut bahwa alasannya menolak kehadiran Israel karena memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina.

“Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia-Afrika, Gerakan Non-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Ganjar mendukung sikap PDIP yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ia meminta panitia bersama pihak terkait mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka serta tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” ucap dia.

Diketahui saat ini FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Nama Ganjar pun terseret karena pernah menyuarakan topik soal penolakan Israel di Indonesia.

Penolakan ini disinyalir menjadi penyebab Indonesia batal jadi tuan rumah gelaran pesta sepakbola dunia itu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *