7 Golongan yang Akan Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat, Siapakah Mereka? 

Golongan yang Akan Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat
Golongan yang Akan Mendapat Naungan Allah di Hari Kiamat. ilustrasi: muslim/pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan Allah SWT pada hari kiamat.

Imam al-Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih meriwayatkan dari hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ تَعَالَى فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ: إِمَامٌ عَدْلٌ، وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللهِ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ، وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِي اللهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخَافُ اللهَ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لاَ تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

”Ada tujuh golongan manusia yang Allah Ta’ala akan menaungi mereka pada naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: Pemimpin yang adil. Pemuda yang tumbuh dewasa dalam ibadah kepada Allah. Lelaki yang hatinya tergantung di masjid.

Dua orang yang saling mencintai karena Allah, bersatu karena Allah dan berpisah karena Allah. Lelaki yang diajak berbuat zina oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan namun dia berkata, ”Aku takut kepada Allah.”

Orang yang mensedekahkan sesuatu kemudian dia merahasiakannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah diinfakkan oleh tangan kanannya. Dan orang yang mengingat Allah sendirian lalu kedua matanya berlinang air mata.”

Keadaan Manusia Saat Yaumul Hisab

Pada saat yaumul hisab di hari kiamat, tidak ada pepohonan, tidak ada kamar tidur, tidak ada istirahat, tidak ada aula, tidak ada AC dan tidak ada gua.

Sementara matahari jaraknya sangat dekat dengan kepala manusia yaitu satu mil. Kondisi ini diperburuk dengan keadaan manusia yang tanpa memakai pakaian sama sekali alias telanjang bulat dan tanpa alas kaki.

Mereka berada di satu tempat yang sama berupa dataran tinggi yang luas. Semua manusia dari manusia generasi pertama hingga generasi terakhir, tua-muda, pria-wanita, para nabi dan rasul, para pimpinan negara dan menteri, orang kaya dan miskin, orang lemah dan kuat, orang kafir, munafik, muslimin dan mukminin seluruhnya berada di tempat yang sama.

Rasulullah SAW kemudian melanjutkan informasinya,

”Keringat yang menggenangi tubuh manusia saat itu sesuai dengan kadar amalannya. Di antara mereka ada yang keringatnya sampai ke kedua mata kakinya. Ada yang sampai ke lututnya. Ada yang sampai ke pinggangnya dan bahkan ada yang sampai tenggelam dalam keringatnya.” Rasulullah SAW mengisyaratkan tangannya ke mulutnya.”

Kemudian Allah mendatangkan 7 golongan manusia ini dan menjadikan mereka berada di bawah naungan-Nya sampai Allah mengadili semua manusia.

7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah SWT

Yang dimaksud dengan naungan yang Rasulullah SAW sebutkan dalam hadis tadi adalah naungan ‘Arsy. Di hari yang berat pada hari kiamat kelak, ada 7golongan manusia yang dimuliakan oleh Allah dengan mendapatkan fasilitas pelindung dari sinar mentari yang sangat panas menyengat:

  1. Pemimpin yang adil

Mereka adalah pemimpin yang adil kepada rakyatnya, yang memelihara hak-hak mereka, memperhatikan maslahat mereka, berhukum dengan syariat Allah SWT, sehingga pemimpin semacam ini mewujudkan kemaslahatan agama dan dunia.

  1. Pemuda yang tumbuh dewasa dalam ibadah kepada Allah

Maksudnya adalah pemuda yang tumbuh dewasa dalam keadaan sungguh-sungguh beribadah kepada Allah dan senantiasa mentaati dalam perintah dan larangan-Nya. Dikhususkan sebutan pemuda dalam hadis ini karena ibadah di usia muda merupakan perkara yang paling berat dan sulit untuk dilakukan.

Hal ini karena banyaknya dorongan untuk berbuat maksiat dan dominasi dari syahwat. Bila di masa muda seseorang tekun beribadah maka hal itu menunjukkan kuatnya takwa dan besarnya rasa takutnya kepada Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *