Muslim Wajib Tahu! Inilah 3 Amalan Utama Pada Bulan Ramadan

Amalan Utama Pada Bulan Ramadan
Amalan Utama Pada Bulan Ramadan. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Banyak salat sunah lainnya selain yang telah disebutkan yang dapat dikerjakan dalam meningkatkan ibadah di bulan Ramadan ini.

Memperbanyak Berinteraksi Dengan Al-Qurán

Memperbanyak berinteraksi dengan Al-Qurán adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. karena memberikan manfaat yang sangat banyak baik kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berinteraksi dengan AL-Qurán juga merupakan amalan yang penting di bulan Ramadan.

Salah satu cara agar konsisten berinteraksi dengan Al-Qurán di bulan Ramadan adalah dengan meluangkan waktunya untuk bertilawah dan membaca Qur’an dengan target sehingga ketika Ramadan berakhir telah mengkhatamkan tiga puluh juz Al-Qurán dalam sebulan penuh.

Caranya yaitu bisa dengan mengikuti tips dari galamedianews yah, yaitu dengan sehari 1 juz di waktu setelah isya dan setelah subuh sehingga dapat khatam sebelum bulan Ramadan usai.

Infak dan Shodaqoh

Salah satu amalan bulan Ramadan yang bertepatan dengan waktu yang mulia sehingga sehingga setiap amalan akan dilipatgandakan pahalanya yaitu berupa 700 kali lipat dikali sepuluh. Selain itu, infak dan shodaqoh dapat membantu banyak orang yang membutuhkan.
Dalam hadist Ibnu Abbas r.a. Disebutkan:

Artinya: “Rasulullah shallallahu álaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Qur’an,” (HR. Al-Bukhori).

Nabi Muhammad adalah sosok yang sangat dermawan dan bertambah dermawan ketika tiba di bulan Ramadan. Maka dari itu, kita perlu ikut dan mentaati apa yang telah Rasulullah kerjakan dan contohkan terutama dalam menjadi sosok yang dermawan.

Memberi itu tidak harus dengan uang tetapi dapat pula memberi dengan makanan sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi).

Diantara amalan yang utama telah disebutkan diatas perlu kita ketahui juga bahwa setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadan memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya yaitu pahala yang dilipatgandakan.

Maka dari itu, jalankanlah puasa di bulan Ramadan dengan konsisten dan bersunguh-sungguh agar dapat meraih ketakwaan kepada Allah SWT dan dapat memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *