Pantangan Gula Darah Rendah, Inilah Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah di Pagi Hari

Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah
Cara Alami Atasi Kadar Gula Rendah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Selain gula darah tinggi, gula darah rendah juga harus kita waspadai. Bagi Anda dengan gula darah rendah, berikut adalah beberapa peringatan yang perlu diingat. Cari juga cara alami untuk mengobati gula darah rendah di pagi hari.

Menurut situs resmi Siloam Hospital, gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah berada di bawah kisaran normal. Kondisi hipoglikemia ini cukup umum dialami oleh penderita diabetes, meski bisa juga terjadi pada mereka yang tidak menderita diabetes. Ada beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengalami hipoglikemia, salah satunya adalah jantung berdebar. Tentu saja, hipoglikemia tidak dapat ditoleransi karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius bahkan kematian.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Gula darah merupakan sumber energi tubuh. Jadi, hipoglikemia merupakan hal yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, hipoglikemia merupakan masalah kesehatan yang dapat menjadi salah satu komplikasi akut diabetes akibat penggunaan obat glikemik.

Hipoglikemia terjadi ketika gula darah di bawah 70 mg/dl. Hipoglikemia adalah kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kejang, kehilangan kesadaran, dan kerusakan otak.

Pantangan gula darah rendah

Selain minum obat, penderita gula darah rendah harus mematuhi sejumlah pantangan. Berikut pantangan gula darah rendah dirangkum dari Tribunnews.com:

1. Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat

Pantangan gula darah rendah yang pertama adalah konsumsi terlalu banyak karbohidrat. Saat tubuh dimasukin karbohidrat, secara otomatis akan menghasilkan insulin.

Pelepasan insulin bisa berlangsung hingga beberapa jam setelah makan. Akibatnya kadar gula darah bisa semakin rendah.

2. Hindari Alkohol

Pantangan gula darah rendah yang kedua adalah minum alkohol. Alkohol sangat keras efeknya pada hati, yaitu organ yang bertanggung jawab untuk melepaskan glukosa ke dalam tubuh.

Asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah turun dengan merangsang sekresi insulin.

3. Makanan yang Digoreng

Pantangan gula darah rendah yang ketiga adalah makan makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng dapat memengaruhi tubuh untuk melepas kadar gula dalam tubuh.

Cara alami mengatasi gula darah rendah di pagi hari

Sebagai sumber energi untuk sel dan organ, tubuh menggunakan gula darah, yang disebut glukosa. Ketika pagi hari tiba, ada beberapa orang yang memiliki kadar gula darah yang rendah.

Gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia, terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk digunakan sebagai energi.

Melansir dari Healthline, orang dengan diabetes mellitus mungkin memiliki gula darah rendah di pagi hari karena terlalu banyak insulin yang bekerja.

Kondisi ini disebut sebagai insulin basal. Pada dasarnya, insulin membantu mengelola gula darah dengan membiarkan glukosa memasuki sel tempat ia dapat diubah menjadi energi.

Terlalu banyak insulin dalam bentuk apa pun dapat menyebabkan gula darah rendah. Beberapa obat noninsulin untuk mengobati diabetes mellitus tipe 2 juga dapat menyebabkan hipoglikemia.

Orang tanpa diabetes juga dapat memiliki gula darah rendah, yang dikenal sebagai hipoglikemia non-diabetes. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti pola makan dan kebiasaan olahraga.

Gula darah rendah biasanya didefinisikan sebagai pembacaan glukosa di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dL). Angka di bawah 54 mg/dL lebih signifikan dan menandakan bahwa seseorang mungkin memerlukan perawatan medis segera.

Gejala gula darah rendah di pagi hari Jika memiliki gula darah rendah di pagi hari, seseorang mungkin terbangun dengan beberapa gejala berikut:

  • sakit kepala
  • berkeringat
  • mulut kering
  • mual
  • pusing
  • gemetar
  • kelaparan
  • kecemasan
  • penglihatan kabur
  • degup jantung berdebar
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *