Jalan Tengah (19)

Hamdan Juhannis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Pembaca, random acts of kindness itu ganjarannya adalah rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Yang melakukan kebaikan itu sifatnya acak dan yang menerima kebaikan itu juga acak. Jadi berbeda dengan tiga kasus yang saya ceritakan pada seri sebelumnya, di mana penerima kebaikan terkait langsung dengan orang yang pernah dibantu sebelumnya. Random acts of kindness, pemberi dan penerima kebaikan terjadi secara acak, dan sepertinya tidak perlu terkait langsung.

Tapi tampaknya  random acts of kindness itu memiliki hukum kejadian. Pertama,  kejadiannya berada dalam lingkaran siklus, seperti cerita di atas. Siklusnya boleh panjang atau pendek. Dengan siklus ini, seakan-akan tidak ada hubungan dengan pelaku kebaikan, tetapi hubungannya ada pada bekerjanya rantai kebaikan itu. Artinya, pemberi dan penerima sama-sama pernah berbuat baik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hukum kejadian berikutnya, adalah ketulusan. Dalam bahasa modernnya, tidak transaksional, tidak berpikir untung rugi. Laki-laki paruh baya di atas itu saat menyebutkan rantai kebaikan kepada nenek itu, tidak terbayang sedikitpun kerumitan ekonominya dengan kehamilan isterinya. Andai dia memikirkan itu, dia sudah lebih awal menerima pemberian nenek itu.

Dalam kaitan dengan hukum kejadian yang kedua dari random acts of kindness ini, saya teringat dengan kritik seorang teman tentang sebuah pertanyaan yang sering muncul dalam interaksi sosial: “Adakah…”  yang bisa dimaknai sebagai pamrih. Saat diminta tolongi, pertanyaan baliknya, adakah…..? Saat diundang oleh orang tertentu, pertanyaannya: Adakah…..? Pertanyaan dimulai dengan “adakah” bisa saja menjauhkan terjadinya random acts of kindness.

Terakhir, apakah anda punya pengalaman pribadi pernah berada pada peristiwa random acts of kindness? Maaf, pertanyaan saya dimulai dengan “apakah”  bukan “adakah”.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *