5 Buah Rekomendasi Kemenkes yang Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Tak Berkutik

buah-buahan penurun kolesterol
Tomat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kolesterol adalah zat seperti lilin dan berlemak yang diproduksi secara alami oleh hati Anda. Kolesterol diperlukan untuk pembentukan membran sel, beberapa hormon dan vitamin D.

Dilansir Healthline, kolesterol tidak lagi larut dalam air, sehingga tidak dapat mengalir dengan sendirinya melalui darah Anda. Untuk memudahkan pengangkutan kolesterol, hati tubuh manusia memproduksi lipoprotein.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lipoprotein adalah partikel yang terdiri dari lemak dan protein. Lipoprotein membawa kolesterol dan trigliserida, jenis lipid lainnya, melalui aliran darah Anda. Dua bentuk utama lipoprotein adalah lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Kolesterol LDL adalah kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein densitas rendah. Jika darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL, Anda mungkin didiagnosis dengan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi yang tidak diobati dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi jarang menimbulkan gejala pada awalnya. Itulah mengapa penting untuk memeriksa kadar kolesterol Anda secara teratur.

Pada kebanyakan kasus, kolesterol tinggi adalah kondisi yang menyerang secara “diam-diam”. Biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi hingga mereka mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Itulah mengapa pemeriksaan kolesterol rutin itu penting. Jika Anda berusia 20 tahun atau lebih, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol rutin. Pelajari bagaimana pemeriksaan ini berpotensi menyelamatkan hidup seseorang.

Umumnya, untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, seseorang akan memeriksakan tekanan darah secara rutin ke tenaga kesehatan. Begitu pula terapi menurunkan kolesterol tinggi, penderita akan secara rutin dijadwalkan untuk berkonsultasi pada dokter.

Kendati demikian, menurunkan kadar kolesterol tinggi bisa juga dilakukan tanpa terapi obat secara rutin atas anjuran dokter. Ada banyak cara yang bisa lakukan untuk menurunkan kolesterol, seperti berolah raga dan menjaga asupan makanan.

Mengutip laman Kemkes.go.id, salah satu yang paling sering diterapkan oleh penderita kolesterol tinggi adalah dengan mengatur pola makan lewat konsumsi buah-buahan penurun kolesterol.

Ya, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami, meski prosesnya berlangsung membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

Berikut 5 buah rekomendasi Kemenkes untuk merontokkan kolesterol tinggi:

1. Tomat

Selain Alpukat, tomat juga termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

2. Jeruk nipis

Buah yang satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah, kandungan senyawa flavanoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *