Idul Fitri di Hari Jumat, Perlukah Salat Jumat? Buya Yahya: Hal Seperti Ini Sering Ditanyakan

Salat Jumat di hari Idul Fitri
Salat Jumat di hari Idul Fitri
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idIdul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Menurut Muhammadiyah, Idul Fitri 1444 H tahun ini jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Jika Idul Fitri jatuh pada hari Jumat, apakah wajib salat Jumat?

Untuk mengetahui apakah salat Jumat tetap wajib ketika bertepatan dengan Idul Fitri, mari simak pernyataan Buya Yahya dalam kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 14/06/2018.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dalam mazhab Syafi’i, jika hari Jumat bertepatan dengan Hari Raya, Salat Jumat tetap wajib. Tidak ada perbedaan mazhab mazhab Ahmad bin Hambali.” Ucap Buya Yahya.

Jadi jika ada pertanyaan jika Idul Fitri hari jumat, apa perlu Salat Jumat atau tidak, menurut Imam Syafi’i tetap wajib untuk melaksanakan Salat Jumat.

Buya Yahya juga mengatakan, hal seperti ini sering ditanyakan karena di Indonesia sudah mulai bercampur mahzab. Pendapat Ahmad Bin Hambal memang bukan pendapat yang salah, hanya saja kalau masuk wilayah yang berbeda, ini bisa membuat resah.

Buya Yahya Menambahkan, dalam Mahzab Syafi’i tidak mewajibkan Salat Jumat jika tempat tinggalnya di lembah dan jauh dari masjid atau tempat ibadah.

“Hidupnya di lembah, ini gambarannya kalau di Arab dulu, jadi kalau mau ke kota, Salat ke masjid Nabawi itu melewati lembah-lembah, Salat hari raya. Kalau pulang nanti baliknya susah, dimaafkan bagi mereka.” Kata Buya Yahya

Buya Yahya menjelaskan, pada dasarnya Jumat menjadi tidak wajib jika tempatnya jauh. Tapi kalau di sini, masjid sudah ada di mana-mana, di samping sini ada masjid, di samping sana juga ada masjid lagi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *