Masya Allah! Begini Kehidupan di `Kolong` Masjidil Haram yang Jarang Terlihat di Media sosial

Kehidupan di `Kolong` Masjidil Haram
Kehidupan di `Kolong` Masjidil Haram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salah satu tempat suci ibadah dan masjid yang digemari umat Islam di seluruh dunia adalah Masjidil Haram. Di kota Mekkah, salah satu magnet dari kompleks masjid terbesar di dunia ini adalah bangunan suci Ka’bah, kiblat tempat jutaan umat Islam melaksanakan salat.

Dengan pembangunan yang terus dilakukan, Masjidil Haram telah berkembang menjadi kawasan masjid yang serba indah. Keindahan yang membuatnya selalu meninggalkan kerinduan bagi jemaah haji atau umroh yang pernah mengunjunginya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun ternyata ada bagian kolong dari Masjidil Haram yang mungkin jarang tersorot di media sosial. Pada salah satu video di kanal Youtube Alman Mulyana, membagikan bagaimana kehidupan di bawah masjidil haram, berikut ulasannya.

Kehidupan di `Kolong` Masjidil Haram

Apabila kita turun melalui sebuah eskalator yang terdapat di depan menara jam atau Makkah Royal Clock Tower, maka akan ditemukan sebuah basement. Berbeda dengan di atas, suasana di basement ini lebih sepi namun lebih berisik karena bergema.

Ternyata, di bawah basement tersebut masih terdapat tempat parkir mobil yang digunakan oleh jemaah maupun orang yang menginap di hotel sekitar Masjidil Haram.

Di bawah sini, juga terdapat banyak pintu masuk menuju hotel-hotel di sekitar Masjidil Haram. Seperti hotel Raffles yang menjadi salah satu hotel termahal di kota Mekah.

Kemudian, juga ada pintu menuju hotel Swissotel Al Maqam yang berada di sampingnya.

Lorong ini pun ternyata cukup panjang. Seorang pria yang merekam videonya mengatakan, di ujung lorong ini akan menuju kawasan rumah Abu Jahal yang saat ini telah dibongkar dan menjadi sebuah terminal bis.

Kemudian, di bawah Masjidil Haram juga terdapat beberapa toko makanan. Selain itu, juga terdapat mobil pemadam kebakaran yang terparkir dan siap sedia beroperasi jika ada keadaan darurat di sekitarnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *