Inilah Alasan, Mengapa Pesawat Dilarang Melintasi Ka’bah?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pesawat dilarang melintasi Ka’bah. Desas-desusnya, hal ini didasari adanya medan magnet di sekitar wilayah itu. Tapi benarkah demikian?

Dalam Fact Check AFP, Julien Aubert, seorang peneliti senior di Institute of Physics of the Golbe of Paris (IPGP), membenarkan bahwa Bumi memiliki medan magnet, hanya saja lokasinya bukan di Mekah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Aubert mengatakan medan magnet memang bisa mengganggu penerbangan, tapi tak lantas mencegah pesawat untuk terbang.

“Gangguan magnet tidak mencegah pesawat terbang. Mereka paling banyak dapat mengganggu kompas, tetapi pesawat jelas menggunakan sistem geolokasi yang lebih modern,” kata Aubert.

Lalu, apa yang membuat pesawat tidak boleh terbang di atas Ka’bah?

Alasan Pesawat Tidak Terbang Melewati Ka’bah
Menurut Persatuan Pilot Maskapai Nasional Prancis (SNPL), terbang di atas Mekah dilarang oleh otoritas Saudi karena alasan ideologis dan penghormatan terhadap Ka’bah.

“Karena Mekah dianggap suci, hanya Muslim yang diizinkan memasuki kota. Larangan itu termasuk wilayah udara di atas kota,” tutur SNPL.

Suara bising dari mesin pesawat juga dikhawatirkan akan dipantulkan gunung-gunung yang mengelilingi Ka’bah, sehingga dapat mengganggu konsentrasi para jamaah yang sedang beribadah dengan khusyuk.

Situs web Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) menegaskan bahwa “tidak ada orang yang boleh mengoperasikan pesawat terbang di atas atau di sekitar area mana pun yang akan dikunjungi atau dilalui oleh penjaga dua masjid suci, atau tokoh masyarakat lainnya yang bertentangan dengan pembatasan yang ditetapkan oleh presiden dan diterbitkan dalam Pemberitahuan untuk Penerbang (NOTAM)”.

NOTAM terdaftar di situs web Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, dan mereka menunjukkan kepada maskapai penerbangan tempat-tempat yang tidak boleh mereka terbangi, serta kondisi larangan terbang.

Meski demikian, ada beberapa pengecualian untuk larangan terbang di atas Mekah. Terkadang, helikopter diizinkan melewati kota tersebut untuk memonitor keamanan para jamaah yang melaksanakan ibadah haji.

Selain Ka’bah, ada juga no fly zone di tempat seperti Machu Picchu, Parthenon Yunani, Taj Mahal karena alasan menjaga kelestarian tempat tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *