Jokowi Bilang Prabowo Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar, Fadli Zon: Kami Tetap Ingin Capres

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan partainya tetap menjagokan Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

Ia mengungkapkan hal itu setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Prabowo berpeluang jadi calon wakil presiden bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Fadli menjelaskan, peluang Prabowo sebagai capres sangat tinggi dan mendapatkan dukungan yang sangat besar dari rakyat.

Di sisi lain, ia menyebut Indonesia saat ini membutuhkan sosok seperti Prabowo untuk jadi pemimpin. Ia menyebut Prabowo merupakan jalan tengah di tengah sosok-sosok yang mencuat sebagai capres 2024.

“Kalau Gerindra kita sudah firm, memutuskan Pak Prabowo sebagai capres. Dan kita lihat peluang Pak Prabowo ini sangat tinggi,” kata Fadli di kawasan Jakarta Selatan, Ahad, 23 April 2023.

Fadli turut menyoroti gelaran Pemilihan Presiden yang masih dalam hitungan bulan. Oleh sebab itu, dinamika politik termasuk soal pencapresan maupun konfigurasi capres cawapres masih terus berjalan.

Oleh sebab itu, ia menyebut partainya memang belum memfinalkan keputusannya dalam waktu dekat. “Jadi saya lihat masih dinamis sebetulnya. Tapi kalau dari sisi Gerindra, tentu kita sudah bulat mendukung Pak Prabowo sebagai capres,” kata dia.

Pada Jumat, 21 April 2023, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Ketua Umum Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres usungan partainya. Mega mengaku telah berdiskusi dengan banyak pihak, termasuk Jokowi, sebelum memutuskan menunjuk Ganjar sebagai capres.

Adapun saat Jokowi ditanya mengenai sosok cawapres yang berpeluang mendampingi Ganjar, dia menyebutkan sejumlah nama. Di antaranya Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Yang cocok banyak. Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga,” kata Jokowi saat ditemui usai salat Idul Fitri di Solo, Sabtu, 22 April 2023.

Saat ditanya nama lain, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jokowi pun mengiyakan. “Nah iya, Pak Prabowo nanti juga segera saya ketemu,” kata Jokowi.

 

Respons Prabowo

Menanggapi peluang sebagai cawapres Ganjar, Prabowo menegaskan dirinya diusung oleh partainya sebagai capres. Dia menjelaskan, Partai Gerindra sudah cukup kuat menjagokannya sebagai capres.

“Partai saya mencalonkan saya sebagai capres, dan partai saya agak kuat juga sekarang,” ucap Prabowo usai bertemu dengan Jokowi di kediaman Presiden, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu siang.

Adapun soal cawapres bagi dirinya, Prabowo enggan berkomentar. Menurut dia, mengingat waktu pendaftaran paslon masih lama, maka ia bakal melihat perkembangan terlebih dulu.

Sementara itu, soal peluang Gerindra dan PDIP berkoalisi untuk Pilpres, Prabowo menegaskan bahwa partai besutan Megawati itu sudah mencalonkan Ganjar. Namun, dia menyebut koalisi dengan PDIP masih punya peluang jika ada perkembangan maupun dinamika tertentu.

“Ya kecuali nanti ada perkembangan atau dinamika. Tapi jangan berandai-andai,” kata Menteri Pertahanan tersebut.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *