Akademisi Bilang Golkar Akan Menggila dan Jadi Batu Sandungan untuk Ganjar

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Partai Golkar kemungkinan akan mendekati Prabowo Subianto atau memperkuat posisi Anies Baswedan (Bacapres) yang diusung menjadi capres.

“Jika PPP dan PAN hengkang, Golkar bisa jadi akan merapat ke Prabowo atau memperkuat posisi koalisi Anies,” kata Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, melansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/4/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Akademisi Universitas Sahid Jakarta itu menilai, Golkar akan menggila jika Presiden Joko Widodo tidak bisa menjinakkannya setelah runtuhnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Jokowi tentu tidak mudah menaklukkan Golkar. Dan bila tidak diakomodir akan jadi mesin politik sekaligus batu ganjalan bagi kemenangan Ganjar,” kata Saiful.

Menurutnya, posisi Ganjar yang diusung PDI Perjuangan saat ini tidak aman jika tidak mendapat dukungan dari Golkar.

Sebab, kata Saiful, dengan dukungan mesin politik Golkar yang stabil dan jaringan politikus-politikus terpercaya, besar kemungkinan Golkar akan menjadi kuda hitam pada 2024.

“Kekuatan yang banyak dilupakan, bahwa Golkar merupakan kendaraan politik yang stabil dari waktu ke waktu. Berbagai goncangan pernah terjadi di tubuh partai beringin itu, namun tetap mampu bertahan hingga saat ini,” katanya.

Jika Golkar dibiarkan membangun kekuatan sendiri, sambung Saiful Anam, tentu bisa jadi kekuatan yang tidak diperhitungkan sebelumnya, dan akan menjadi batu sandungan bagi kandidat lain, termasuk Ganjar dan PDIP.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *