Ingin Cepat Kaya? Menurut ZAPFinance, Jangan Buang Uang Untuk Lima Hal Ini

tips agar kita cepat kaya
Iwan Pontjowinoto
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Money management yang baik menjadi tips agar kita cepat kaya. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti: Pengeluaran yang tidak perlu.

Ivan Pontyovinoto, konsultan senior di ZAPFinance, mengatakan kunci cepat kaya adalah tidak menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lihat apa yang tidak harus dikeluarkan untuk mengelola uang lebih baik, diantaranya:

1. Beli Gadget karena model terbaru

Menurut Iwan, membeli gadjet karena modelnya terbaru atau adanya keluaran teknologi baru adalah hal yang tidka seharusnya dilakukan.

Bahkan jika harus memaksakan untuk mengambil cicilan atau bahkan menggunakan paylater.

Namun, seringkali keputusan ini berakhir dengan rasa penyesalan. Ternyata, smartphone baru yang dibeli tidak benar-benar digunakan sementara tagihan bulanan terus menghampiri. Hal inilah yang biasanya menjadi penyesalan.

Untuk itu, solusinya adalah membuat dana perencanaan untuk menganti gadjet. Caranya dengan menabung dalam waktu yang sudah ditentukan untuk membeli gadjet terbaru.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa smartphone yang kta beli bukan baru rilis melainkan minimal sudah rilis 6 bulan lalu. Hal ini dilakukan agar kita bisa membeli dengan harga yang sudah turun.

2. Hindari impulse buying

Tips kedua agar cepat kaya adalah hindari impulse buying. Impulse buying ini biasanya dilakukan ketika kita sedang berjalan-jalan kemudian menemukan barang yang bagus dan langsung membelinya. Biasanya barang-barang ini sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Selain itu, biasakan untuk tidak membeli barang atau belanja di atas Rp 250.000 tanpa adanya rencana.

Jadi, ketika kamu menemukan barang yang memang bagus dan sulit ditemui, kamu bisa mencatat terlebih dahulu apa yang ingin dibeli, memikirkan kembali apa yang ingin dibeli, dan lihat anggaran yang kamu miliki.

Belilah barang tersebut ketika memang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

3. Beli makanan karena lapar mata

Selanjutnya, hindari keluarkan uang untuk membeli makanan hanya karena lapar mata. Seringkali ketika kita berada di sebuah restoran kita membeli makanan dalam jumlah banyak hanya karena lapar mata. Namun, pada akhirnya makanan tersebut bersisa karena kita sudah kenyang.

Untuk itu, pilihlah menu yang memang menarik dan kita suka. Selain itu, lihat dulu porsinya yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Hal lain yang harus dipikirkan adalah harga dan cocok atau tidak dengan anggaran ‘pos playing’ yang kita miliki.

4. Biaya langganan ‘premium’ untuk pos playing

Biaya langganan premium untuk pos playing ini maksudnya ketika kita nonton konser K-Pop favorit misalnya, kita ingin menjadi si paling depan dengan membeli tiket di kursi VIP.

Senior consultant ZAPFinance ini menyarankan agar kita tidak harus membeli tiket paling mahal karena sebetulnya kita masih bisa menikmati nonton konser di bangku biasa.

Hal ini berlaku untuk memilih hotel atau bahkan transportasi ketika kita sedang liburan.

5. Beli motor atau mobil ekslusif

Terakhir, saran yang diberikan adalah jangan membeli mobil atau motor ekslusif. Hal ini karena mobil atau motor yang eksklusif biasanya harga sparepartnya lebih mahal dan lebih susah dicari. Selain itu, ketika rusak, lebih sulit mencari bengkel yang bisa memperbaikinya.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *