Fakta Sawi Putih untuk Asam Urat, Waspadai Gejala Asam Urat Pada kaki dan tangan

Fakta Sawi Putih untuk Asam Urat
Sawi Putih
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Benarkah sawi putih baik untuk asam urat? Berikut adalah fakta sawi putih untuk asam urat. Perhatikan juga gejala asam urat pada kaki dan tangan.

Banyak orang percaya bahwa sawi putih baik untuk asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur sawi putih untuk mengobati penyakitnya. Lantas

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apakah benar sawi putih baik untuk asam urat?

Menurut situs web Departemen Kesehatan, asam urat juga dikenal sebagai asam urat. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan yang paling sering adalah jempol kaki.

Normalnya, kadar atau norma asam urat pria adalah antara 3,4 dan 7,0 mg/dL. Sementara itu, kadar normal asam urat pada wanita berkisar antara 2,4 hingga 6,0 mg/dL. Kemudian norma asam urat pada anak adalah 2,0-5,5 mg/dL.

Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urin. Selain itu, dalam kondisi tertentu, asam urat bisa menumpuk karena tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau kesulitan membuang kelebihan asam urat.

Kadar asam urat yang berlebihan dalam darah menyebabkan pembentukan kristal pada persendian. Kristal-kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderitanya mengeluhkan nyeri yang menyiksa dan pembengkakan pada persendian, biasanya pada kaki.

Sawi putih untuk asam urat

Dilansir dari Kompas.com, sawi putih termasuk sebagai sayuran yang aman untuk penderita asam urat. Hal itu dikarenakan sawi putih mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan mengandung purin yang rendah. Di samping itu, sawi putih juga kaya antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat menunjang kesehatan secara menyeluruh.

Berikut fakta sawi putih untuk asam urat menurut Health Benefits Times:

1. Sayuran kaya nutrisi

Sama seperti jenis sayuran lainnya, sawi putih juga kaya akan gizi, vitamin dan mineral. Namun, beberapa nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kadar asam urat di dalam tubuh. Jenis sayuran yang teksturnya renyah ini mengandung serat, protein, vitamin B9, seng, zat besi, mangan, vitamin C, kalsium, vitamin B3, vitamin A dan vitamin B6.

2. Tinggi antioksidan

Kandungan antioksidan pada sawi putih cukup tinggi sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh oksidasi. Seperti diketahui, antioksidan memiliki peranan penting dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Khususnya pada kandungan vitamin A yang dapat membantu dalam mencegah dan mengontrol zat purin di dalam tubuh. Sehingga proses pembuangan asam urat melalui urine akan lebih mudah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *