Ini Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Menjaga Kesehatan Ginjal
Kesehatan Ginjal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jika ginjal bermasalah atau rusak, kondisi ini berdampak pada kesehatan, bahkan pada kasus yang lebih serius bisa berujung pada kematian.

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi sentral dalam tubuh manusia.
Oleh karena itu, jagalah kesehatan ginjal Anda dengan cara-cara berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengikuti channel YouTube Alam Sehat, berikut cara mudah menjaga kesehatan organ ginjal.

1. Memantau tekanan darah

Memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal, agar terhindar dari hal tersebut lakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur untuk memantau tekanan darah Anda.

Selain itu untuk menstabilkan tekanan darah Anda dapat mengonsumsi obat yang dihasilkan oleh dokter dan mulai menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan Anda.

2. Melakukan pemeriksaan ginjal

Melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin penting untuk dilakukan dalam mendeteksi sedini mungkin adanya masalah pada ginjal, apalagi jika anda memiliki faktor risiko seperti menderita penyakit jantung hipertensi, diabetes atau riwayat keluarga dengan gagal ginjal.

Pada pemeriksaan ini dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes fungsi ginjal dengan menjalani testi ini secara teratur, anda dapat mengetahui kondisi ginjal sekaligus mendeteksi Apabila ada masalah pada ginjal anda.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, makanan bergula atau bergaram tinggi dapat menyebabkan hipertensi diabetes, obesitas maupun kondisi lain yang memicu terjadinya kerusakan ginjal.

Oleh sebab itu ganti makanan tersebut dan biasakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang akan membawa dampak positif pada tubuh anda.

4. Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur hanya membuat tubuh bugar namun juga bisa menjaga kesehatan ginjal. Kegiatan ini dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah kesehatan jantung, yang keduanya berperan penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat Anda cukup melakukan olahraga yang mudah seperti berjalan, berlari, bersepeda atau berenang.

Lakukan setidaknya 3 hari dalam seminggu dengan durasi waktu 30-60 menit per harinya, mulailah secara bertahap jika sebelumnya Anda jarang atau tidak pernah berolahraga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *