3 Amal yang Memudahkan Hisab di Hari Kiamat Kelak

Amal yang Memudahkan Hisab di Hari Kiamat
yaumul hisab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salah satu tahapan yang paling menegangkan dalam deretan panjang hari Kiamat adalah Yaumul Hisab. Yaumul Hisab adalah hari perhitungan amal dan perbuatan manusia di dunia.

Setiap amal ditimbang, diperhitungkan, dan dibalas tanpa perbedaan sedikit pun. Allah SWT menjamin tidak ada amalan sekecil atom yang tak terhitung banyaknya sekalipun ada kesalahan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Benar-benar adil.

Banyak di antara kita yang cemas dengan hisab kita. Sebab, seringkali saat bermuhasabah, amal dan kebaikan selama di dunia tidaklah cukup, bahkan hanya untuk membalas nikmat Allah SWT.

Karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan amal yang sekiranya menolong agar umatnya dimudahkan saat menjalani hisab.

3 Amal yang Mudahkan Hisab di Hari Kiamat

KH Ahmad Niam Syukri Masruri, Ketua Lembaga Kajian Informasi dan Dakwah (Elkid), Ketua PW GP Ansor Jateng 1995, dan Sekretaris RMINU Jateng menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar seseorang dimudahkan hisabnya. Hal itu dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ حَاسَبَهُ اللَّهُ حِسَابًا يَسِيرًا وَأَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِهِ قَالُوا: لِمَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: تُعْطِي مَنْ حَرَمَكَ، وَتَعْفُو عَمَّنْ ظَلَمَكَ، وَتَصِلُ مَنْ قَطَعَكَ» قَالَ: فَإِذَا فَعَلْتُ ذَلِكَ، فَمَا لِي يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: أَنْ تُحَاسَبَ حِسَابًا يَسِيرًا وَيُدْخِلَكَ اللَّهُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِهِ

Artinya: Tiga hal yang menjadikan seseorang akan dihisab oleh Allah dengan mudah dan akan dimasukkan ke dalam surga dengan Rahmat-Nya. Para sahabat bertanya, bagi siapa ya Rasulallah?, jawabnya “engkau memberi orang yang menghalangimu, engkau memaafkan orang yang mendzalimimu, dan engkau menjalin persaudaraan dengan orang yang memutuskan silaturahim denganmu. Lalu ditanyakan ; jika saya melakukannya, apa yang saya dapat ya Rasulullah?, jawabnya  engkau akan dihisab dengan hisab yang ringan dan Allah akan memasukkanmu ke dalam surga dengan rahmat-Nya. (HR Al-Hakim).

Dari hadis ini dapat dipetik kesimpulan ada empat hal yang bisa membuat hisab seseorang jadi mudah dan masuk surga. Keempat hal tersebut yakni:

  1. Berbuat baik (memberi) kepada orang yang menghalangi atau mempersulit
  2. Memaafkan orang yang menzalimi
  3. Menjalin persahabatan dengan orang yang memutus silaturahmi.

Ketiga hal tersebut berat untuk dilakukan. Namun, jika bisa dilakukan, maka ganjarannya adalah dimudahkan hisabnya dan akan masuk surga berkat syafaat dan Rahmat Allah SWT.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar