Jangan Anggap Remeh!! Ini 9 Makanan Penyebab Usus Buntu 

Makanan Penyebab Usus Buntu 
nugget
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Tentang 9 makanan penyebab radang usus buntu dibahas secara detail pada artikel kali ini. Jika Anda suka makan, Anda harus membacanya sampai akhir, mungkin makanan favorit Anda ada di daftarnya.

Penyakit usus buntu sendiri memiliki banyak penyebab, namun salah satu yang sering diabaikan adalah pola makan. Makanan Apa yang Dapat Menyebabkan radang usus buntu?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebelum menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kita harus mencari tahu apa itu penyakit usus buntu. Penyakit usus buntu adalah penyakit radang usus buntu atau apendiks, menurut laporan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan.

“Seseorang dapat menderita penyakit usus buntu, karena beberapa faktor seperti infeksi cacing atau parasit, usus tersumbat oleh feses, cedera di bagian perut, dan pembesaran kelenjar getah bening di dinding saluran cerna,” ungkap laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Sabtu (13/5/2023).

Tak cuma itu, konsumsi jenis makanan tertentu juga diketahui bisa memicu terjadinya peradangan di usus buntu. Tapi, menjadi catatan penting bahwa makanan bukan penyebab langsung radang usus buntu. Makanan hanya memicu faktor penyebab penyakit ini.

So, apa saja 9 makanan penyebab usus buntu?

1. Produk olahan daging

Produk olahan daging seperti nugget, sosis, ataupun bakso dipercaya bisa sebabkan radang usus buntu. Kenapa? Karena ketiganya mengandung serat yang sangat sedikit dan ini bisa mengganggu sistem pencernaan jika dikonsumsi terlalu sering.

“Karena kurang serat, organ pencernaan akan mengalami masalah yang bisa berujung pada kondisi radang usus buntu,” ungkap laporan Kemenkes.

2. Buah kering

Sama seperti produk olahan daging, buah kering juga dapat memicu radang usus buntu karena kandungan serat yang sangat sedikit. Daripada makan buah kering, mending makan buah ‘normal’ saja.

3. Makanan pedas

Makanan pedas juga dianggap bisa menyebabkan radang usus buntu. Konsumsi makanan pedas berlebihan bisa mengganggu kestabilan sistem pencernaan dan bisa mengiritasi saluran cerna yang berisiko sebabkan peradangan di usus.

Dijelaskan lebih lanjut di laman Siloam Hospitals, biji cabai dan paprika itu sesuatu yang sulit dicerna, sehingga berisiko menumpuk dan dapat menyumbat usus buntu yang memicu terjadinya peradangan.

4. Makanan mengandung pemanis buatan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *