Mengejutkan! Sejumlah Kader PPP Deklarasi Dukung Anies-Taj Yasin di Purworejo

Mengejutkan! Sejumlah Kader PPP Deklarasi Dukung Anies-Taj Yasin di Purworejo (foto detikcom)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Sejumlah kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap agar Anies Baswedan menggandeng Wakil Gubernur Jawa Tengah, KH Taj Yasin Maemun atau Taj Yasin sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.
Hal itu disampaikan dalam deklarasi yang dibalut dengan acara halal bihalal dan sarasehan politik di Ganeca Convention Hall, Jl Kolonel Sugiyono No 62, Kabupaten Purworejo, Senin (15/5/2023) sore. Tak hanya dari Purworejo, sejumlah kader itu juga berasal dari luar daerah.

Mereka kemudian mendeklarasikan Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin sebagai Capres-Cawapres untuk Pemilu 2024. Secara resmi, deklarasi dibacakan oleh salah satu pengurus DPP PPP, Profesor Anwar Sanusi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mendorong Capres Bapak Anies Rasyid Baswedan untuk menggendong Tokoh PPP Jawa Tengah KH Taj Yasin Maemun (Gus Yasin) sebagai pendamping Cawapres,” bunyi salah satu poin dalam deklarasi tersebut.

Selain itu, sejumlah kader PPP Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten, itu juga menyatakan Plt Ketua Umum PPP Murdiono tidak sah dan melanggar ketentuan AD/ ART PPP serta UU Partai Politik. Dengan demikian, menurut mereka, yang bersangkutan tidak memiliki kewenangan dan tidak sah bertindak atas nama PPP dalam menandatangani daftar caleg maupun mengusung dan menandatangani calon presiden maupun cawapres.

“Plt DPP Saudara Mardiono tanpa syarat dan serta merta secepat-cepatnya dalam waktu 3 minggu menyerahkan kembali jabatan Ketua Umum DPP PPP kepada Suharso Manorfa hasil Muktamar IX 2020 Makassar,” sambung deklarasi tersebut.

Apabila Plt Ketua Umum DPP PPP tidak melaksanakan permintaan tersebut, mereka akan menunjuk pengacara untuk memberikan pendampingan hukum kepada Mahkamah Partai DPP PPP dalam melakukan gugatan terhadap keabsahan Plt Ketua Umum DPP ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Seluruh Kader PPP yang tidak terlibat dan tidak ikut serta mengkudeta Ketua Umum sah DPP PPP Suharso Manoarfa akan melaksanakan Muktamar Luar Biasa, selambat-lambatnya bulan September 2023,” bunyi poin deklarasi berikutnya.

Selain mendeklarasikan Anies Baswedan dan Taj Yasin sebagai capres dan cawapres untuk Pemilu 2024, mereka juga bersepakat membentuk PPP baru dengan nama PPP Anies.

DPC PPP Purworejo Tidak Tahu
Sementara itu, Ketua DPC PPP Kabupaten Purworejo, Muhammad Kartika Zuhala mengaku tidak tahu ada acara tersebut.

“Kami nggak tahu, yang jelas itu bukan kegiatan kami dan kader-kader kami nggak ada yang ikut,” kata Muhammad Kartika Zuhala saat dimintai konfirmasi oleh detikJateng.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *