9 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mencegah Tekanan Darah Tinggi
memasak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana aliran darah menyebabkan peningkatan tekanan pada jantung dan dinding pembuluh darah. Jika kondisi ini tidak dikontrol, lambat laun akan merusak semua pembuluh darah dan organ yang berhubungan langsung dengan pembuluh darah tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada orang dewasa, tekanan darah normal adalah antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Juga, tekanan darahnya tinggi. Tekanan darah tinggi seringkali tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun, pemeriksaan rutin dapat membantu mengendalikannya.

Kebiasaan yang bantu turunkan risiko hipertensi

Ada beberapa cara untuk mengelola tekanan darah yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa mencegah hipertensi.

  1. Masak sendiri di rumah

Makanan olahan, produk kemasan, hingga deretan sajian yang ada di gerai makanan biasanya diolah dengan tinggi garam. Alih-alih jajan, Anda bisa mencoba memasak sendiri di rumah untuk mengontrol asupan garam.

Selain itu, gunakan juga bumbu dan remah-rempah untuk membumbui makanan. Rempah-rempah akan menghadirkan rasa yang tak kalah enak dari garam.

  1. Rutin olahraga

Olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Ahli menyarankan untuk menggerakkan tubuh setidaknya selama 150 menit, termasuk olahraga dengan intensitas sedang, per minggu.

  1. Menerapkan diet DASH

DASH merupakan singkatan dari dietary approaches to stop hypertension. Diet ini adalah rencana makan untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Diet jenis ini menekankan pada makanan rendah natrium, namun tinggi kalium, magnesium, kalsium, dan nutrisi lainnya yang membantu menurunkan tekanan darah.

Menu diet ini menyertakan banyak sayuran, buah, susu rendah lemak, biji-bijian, ikan, daging unggas, dan kacang-kacangan. Sementara asupan daging merah serta makanan-minuman olahan dan berpemanis harus dibatasi.

Diet DASH telah terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi.

  1. Menjaga berat badan

Obesitas merupakan faktor risiko yang signifikan untuk hipertensi. Mempertahankan berat badan yang sehat melalui olahraga teratur dan diet seimbang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *